Soal UAS Bahasa Inggris Kelas XI Semester 1 SMA

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Sudah mendekati akhir semester, kita bahas latihan soal lagi ya. Kali ini soal UAS bahasa Inggris kelas 11 SMA. Untuk semester satu ini ya. Soal semeseran biasanya terdiri sampai 40 soal. Tapi untuk belajar kita ambil sebagian saja. Supaya tidak berat. 


Sepuluh soal saja cukup bukan untuk sekali latihan. Nanti terlalu banyak justru membuat kita bosan dan pusing. Kita akan berlatih secara rutin untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian kenaikan kelas.

Jadi ada tiga jadwal yang bisa dilakukan untuk belajar. Pertama kita rutin belajar kembali di rumah dengan membaca buku cetak dan catatan yang ada. Kedua kita latihan mengukur sejauh mana pemahaman dengan mengerjakan soal. Seperti simulasi gitu.

Dan, yang ketiga yaitu belajar dengan pembahasan-pembahasan soal untuk pengayaan atau penguatan pemahaman. Dengan sistem latihan seperti ini diharapkan kita bisa benar-benar memahami setiap materi pelajaran yang diajarkan. 

A. Tips pembahasan soal uas

Bagaimana cara belajar supaya lebih memahami soal dan materi didalamnya? Apakah hanya dengan menebak-nebak saja sudah cukup? Tidak ya. Kalau hanya menebak orang yang tidak sekolahpun bisa.

Untuk pelajaran bahasa Inggris hal yang paling membantu adalah kalau kita memahami terjemahan atau arti bahasanya. Kalau tidak paham arti atau makna-nya bagaimana mungkin bisa menjawab. Karena itu kita pahami terlebih dahulu hal tersebut.

Berikut ada beberapa soal yang sudah disiapkan. Mari kita bahas satu persatu bagaimana artinya dan mana kemungkinan jawaban yang paling tepat.

1. You : Sorry, but is a cheque available here?
Cashier : Yes, certainly 
You : Thank goodness for that!

The underlined sentence express …….. 
a. pain 
b. pleasure 
c. permission 
d. relief 
e. opinion 

Untuk kalimat pertama, "sorry, but is a cheque available here?" artinya kurang lebih "maaf, tapi apakah cek tersedia/berlaku/bisa disini?". Kemudian kasir menjawab "yes, certainly", yang artinya "ya, tentu".

Kemudian diikuti kalimat terakhir yang berbunyi "Thank goodness for that!". Nah pertanyaan pada soal ini adalah tentang kalimat terakhir tersebut yaitu mengenai underlined sentence atau kalimat yang digaris bawahi, yaitu mengungkapkan tentang apa.

Kalau orang belanja akan membayar tetapi dia tidak tahu apakah bisa membayar dengan cek atau tidak kemudian ia bertanya kepada kasir dan kasir menjawab bisa, kira-kira apa yang akan diungkapkan? 

Tentu rasa syukur. Kalau kita biasanya mengucapkan "alhamdulillah..." Maka, dari berbagai pilihan yang disediakan, kemungkinan jawaban yang paling tepat adalah "pleasure".

Nah, itu tadi tips bagaimana cara kita bisa memahami soal - soal bahasa Inggris dan menemukan jawabannya dengan lebih mudah. Sebagai latihan silahkan lanjutkan tips di atas dengan beberapa soal di bawah ini.

1. You : I’m terribly sorry, I think I’ve broken it 
Your friend : It’s okay. The main buttons come out, that’s all. 
You : ……………. 

Fill the blank with relief expression. 
a. I’m very relieved to hear that 
b. Ouch,it hurts me so much 
c. This is great, isn’t it? 
d. Oh,it’s wonderful, isn’t it? 
e. Have fun go mad. 

2. Dewi: I’m so pleased 
Dewa: I’m glad you like it 

The underlined sentence expresses ………. 
a. pain 
b. pleasure 
c. permission 
d. relief 
e. opinion 

3. What would you say if you have sprained one of your ankle. 
a. What a relief. It’s coming at last 
b. Thank god. He was saved 
c. thank heaven. I need it very much 
d. I can’t stand it. The pain is getting worse and worse 
e. I’m delighted to hear it. 

Kalau kita memahami artinya maka akan jauh lebih mudah dalam mengerjakan soalnya. Makanya kita harus belajar yang rutin agar kosa kata kita bisa lebih banyak lagi dan lebih memadai lagi. Sekarang silahkan lanjut dengan latihan soal semesteran yang disediakan di bawah.

B. Contoh soal UAS Bahasa Inggris

Untuk rekan - rekan semua yang sedang mempersiapkan diri menghadapi ujian semester silahkan gunakan contoh soal berikut sebagai sarana latihan dan penguatan. Latihan ini bisa digunakan sebagai bahan evaluasi diri sekaligus bahan pendalaman.

Soal kita kali ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda yang sesuai dengan materi-materi yang pernah dipelajari khususnya untuk pelajar sma kelas xi. Yang mau ikutan silahkan langsung kerjakan soalnya di bawah ini.


Kira-kira soal di atas bisa dikerjakan semua tidak ya? Pastinya bisa dong. Kalau ada yang agak sulit silahkan dilewati terlebih dahulu. Kerjakan dulu sampai selesai yang mudah-mudah. Yang sulit untuk terakhir. 

Setelah selesai semua jangan lupa ikuti pembahasan soal lainnya. Sudah disiapkan juga beberapa soal latihan yang bisa rekan kerjakan di rumah. Pilih saja mana yang akan dikerjakan. Tetap semangat, semoga sukses!