Contoh Soal UTS Bahasa Inggris Kelas X Semester 1

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Semester gasal atau ganjil akan segera berakhir. Ulangan UTS akan segera dilaksanakan. Untuk itu persiapan harus lebih digiatkan. Untuk adik-adik pelajar khususnya pelajar SMA kelas x sebaiknya lebih rajin dan semangat.


Jangan sampai momen ulangan tengah semester (uts) tidak bisa dimaksimalkan. Catatan dan buku cetak harus lebih sering lagi dipelajari. Jangan lupa juga untuk belajar dengan soal-soal latihan dari berbagai sumber.

Salah satu soal yang bisa dipelajari adalah soal yang akan kita berikan ini. Kali ini kita akan mempelajari sepuluh nomor soal bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk bahan latihan dalam mengukur kemampuan.

Latihan ini bisa juga digunakan untuk bahan penguatan agar kita lebih memahami lagi materi yang sudah pernah dipelajari di kelas.

Untuk tambahan referensi, nanti kita juga akan mengajak rekan semua untuk membahas salah satu soalnya sampai menemukan jawaban yang tepat. Dengan pembahasan tersebut nantinya bisa dijadikan contoh untuk soal-soal yang lain. 

A. Pembahasan contoh soal uts kelas x

Dalam latihan kita kali ini kita akan belajar juga salah satu tips bagaimana bisa menjawab soal dengan benar. Seperti kita tahu, bahasa Inggris sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bahasa kita. Kalau kita bisa memahami artinya tentu menemukan jawaban tidak akan sulit.

Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk terus berlatih dan mengembangkan kosa kata yang dimiliki. Dengan begitu kita bisa tahu persis apa yang diinginkan dalam sebuah soal. Sebagai contoh, mari kita bahas tiga soal pertama.

Kita mulai dari perintahnya ya. Study the following dialogue and answer the questions! The following dialogue for question numbers 1-3. Jadi untuk soal nomor satu sampai tiga sudah disediakan sebuah dialog atau percakapan singkat. 

Kalau kita menguasai kosa kata yang memadai maka tidak sulit memahami percakapan tersebut. Kita bahas saja. Mulai dari situasinya ya.

"Situation: Soraya meets Adam at the cafeteria." Dari kalimat tersebut dijelaskan bahwa Soraya itu menemui Adam di kafe. Tentunya percakapan akan terjadi di cafe tersebut.

Dimulai dari Soraya, "Hello, Adam. How are you getting on?", dalam kalimat tersebut bisa diketahui bahwa Soraya bertanya kabar. Ya, menyapa dan menanyakan kabar. Karena disapa tentu si Adam akan menjawab dengan jawaban yang bisa ditebak dong.

Benar. Adam menjawab "Fine, thanks. How are you?". Artinya "baik, terima kasih. Bagaimana kabarmu?" Kalimat dari Soraya tentu akan menjawab lagi pertanyaan kabar dari Adam. 

"I’m very well. Thank you", artinya "saya baik. Terima kasih". Kemudian Adam pun bertanya lagi. Pertanyaan adam yaitu "Have you finished your lunch?". Ada dua kata yang menjadi kunci yaitu "finished" yang artinya "selesai" dan kata "lunch" yang artinya makan siang.

Kemudian Soraya menjawab dengan kalimat "Yes, I think so. I’d better go now, or I’ll be late at the office. Good bye, Adam."

Adam : Good bye, Soraya. See you tomorrow.
(Selamat tinggal Soraya. Sampai bertemu besok.)

Itu tadi mengenai percakapan singkat antara kedua orang di atas. Sekarang kita bahas pertanyaan dari nomor satu sampai dengan nomor tiga.

Pertanyaan nomor satu yaitu "What does Soraya say when she meets Adam?" Arti dari pertanyaan tersebut adalah "apa yang Soraya katakan ketika ia bertemu dengan Adam". Jelas sekali bukan. Apa coba?

Pertanyaan kedua, "What does Soraya say before leaving?" artinya "apa yang Soraya katakan sebelum pergi". Sudah tahu kan jawaban yang tepat apa? Kita lanjut ke soal yang nomor tiga. 

Pertanyaan pada soal nomor 3 adalah "what is Adam’s reply to what Soraya says before leaving". Arti dari pertanyaan tersebut yaitu "apa jawaban Adam untuk yang Soraya katakan sebelum pergi". Jelas sekali dong?

Demikian tadi. Kalau kita bisa mengetahui arti dari kata dan kalimat-kalimat yang ada dalam soal tentu akan mudah bagi kita untuk menemukan jawaban yang diinginkan. Tidak akan sulit karena sebenarnya pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat sederhana.

B. Contoh soal UTS kelas X semester 1

Setelah kita membahas beberapa contoh di atas ada baiknya kita lanjutkan dengan berlatih mengerjakan soal secara langsung. Kita gunakan soal berikut ini untuk latihan seperti simulasi dengan memperhatikan waktu yang dibutuhkan.

Dibuka soalnya, dikerjakan mulai dari nomor satu dan seterusnya sampai selesai langsung. Jangan lihat buku atau kamus. Kerjakan dulu seperti saat mengikuti ulangan atau ujian. Sampai soal terakhir. Kerjakan dengan baik dari yang paling mudah sampai ke yang paling sulit.

Setelah selesai semua, cek jawaban yang ada. Koreksi mana yang benar dan mana yang salah dengan membahas soalnya satu per satu. Cara membahas soalnya bisa sendiri menggunakan bantuan kamus dan buku pelajaran.

Bisa juga dengan mengajak teman atau rekan sekelas untuk berdiskusi mengenai soal-soal yang ada. Dengan begitu kita bukan hanya akan menemukan jawaban yang tepat tetapi akan paham bagaimana jawaban tersebut bisa dianggap benar.

Sudah siap? Kalau belum silahkan siapkan dulu alat tulisnya. Setelah itu cetak soal yang ada. Atau bisa langsung dikerjakan online. Soal selengkapnya silahkan dikerjakan sebagai berikut.

Contoh Soal UTS Bahasa Inggris Kelas X Semester 1

Hanya sepuluh soal kan tidak akan berat dan tidak akan membuat pusing. Tidak lama kok untuk menyelesaikan sepuluh soal UTS bahasa Inggris di atas. Tapi jangan lupa juga bahwa ini hanya latihan. Jadi jangan dibawa stress ya.

Kalau ada yang sudah selesai dan sudah bosan dengan latihan di atas silahkan lanjut ke latihan berikutnya. Namanya juga ulangan, ya isinya hanya mengulang. Mengulang dan terus mengulangi sampai paham. Semangat ya!