Cara Memberikan Pujian dalam Bahasa Inggris

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Cara Memberikan Pujian dalam Bahasa Inggris - Bahasa Inggrisku kali ini akan belajar bagaimana cara kita memberikan pujian dalam bahasa Inggris. Disini kita akan mempelajari berbagai ekspresi (expressions) yang digunakan untuk mengungkapkan pujian.

Selain itu kita juga akan mengetahui bagaimana cara merespon (reply) orang yang memuji kita. Untuk memberikan pujian, selain menggunakan bahasa isyarat misalnya mengacungkan jempol (ibu jari) umumnya kita juga menggunakan berbagai ungkapan yang menyatakan pujian.

Jadi, dengan mempelajari ungkapan-ungkapan yang dapat digunakan secara tidak langsung kita telah mempelajari bagaimana memberikan pujian. Tapi sebelum lebih lanjut membahas mengenai hal ini mari lihat juga beberapa dialog lainnya yaitu:
2) Percakapan membeli handphone bahasa inggris
3) Cara menyampaikan waktu dan jam bahasa inggris

Beberapa contoh lain di atas bisa juga kita pelajari untuk mendukung pelajaran kita mengenai kalimat pujian yang akan segera kita pelajari.

Dengan begitu maka kemampuan kita akan lebih luas dan diharapkan kita bisa lebih lancar lagi dalam berbahasa Inggris. Sekarang mari langsung ke materi pokok kita kali ini yaitu cara memberikan pujian, berikut penjelasan selengkapnya.

A. Kata dan Kalimat Pujian dalam Bahasa Inggris

Kalau dalam bahasa Indonesia kita biasanya memuji seseorang dengan ungkapan misalnya ”Kamu memang hebat”, ”Kamu cantik sekali” dan lain sebagainya di dalam bahasa Inggris kita juga menggunakan ungkapan yang serupa hanya berbeda bahasanya saja.

Sebagai bekal dalam menerapkan cara memberi pujian berikut disertakan kata-kata dan juga kalimat pujian yang dapat kita gunakan. Kata dan kalimat pujian dalam bahasa Inggris tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Wow good job : Wah, kerja bagus.
  2. Good work friend : Kerja yang bagus kawan.
  3. Nice try : Kerja bagus
  4. Nice work! : Kerja bagus
  5. Good job! : Kerja bagus
  6. Keep up the good work! : Pertahankan prestasimu
  7. You are a good man : Kamu hebat kawan
  8. You are the best! : Kamulah yang terbaik
  9. You are great! : Kamu hebat
  10. You are smart : Kamu pintar
  11. You are so beautiful : kamu sangat cantik
  12. What a nice dress! : Benar-benar baju yang bagus

Dalam beberapa contoh di atas kita dapat memberikan pujian kepada seseorang misalnya berkaitan dengan hal-hal seperti di bawah ini:
  • Pujian untuk kinerja
  • Pujian untuk penampilan
  • Pujian untuk kepemilikan
  • Pujian untuk kualitas
Selain berkaitan dengan hal-hal di atas tentunya kita juga dapat memberikan pujian untuk hal-hal lain seperti misalnya memuji kepandaian seseorang, memuji kebaikan seseorang dalam bahasa Inggris dan lain sebagainya.

Setelah mengenal berbagai kata dan kalimat pujian lalu bagaimana dengan respons atau ucapan kita saat dipuji? Tentunya kita harus memberikan respons yang positif atas pujian yang diberikan seseorang kepada kita dengan mengucapkan salah satu kalimat di bawah ini:
  • Thanks : terima kasih
  • Thank you : terima kasih
  • I am not that good : Aku tak sehebat itu
  • Thank you very much : terima kasih banyak

Dalam kehidupan kita sehari-hari tentunya selain memberikan pujian kita juga harus bisa merespon seseorang yang memuji kita dengan baik.

Tentunya hal-hal di atas dapat sedikit memberikan gambaran bagaimana kita berbicara dengan seseorang untuk memberikan pujian atau membalas pujian seseorang.

B. Contoh Cara Memberikan Pujian dalam Bahasa Inggris

Cara-cara dalam memberikan pujian tentunya dapat kita ketahui dengan mempelajari berbagai contoh percakapan tentang pujian. Bisa menghafalkan kata - kata baru-nya dan bisa juga memahami ekspresi atau kalimat yang digunakan.

Contoh tersebut dapat saja berupa percakapan panjang dalam memuji seseorang atau sekedar percakapan tentang pujian singkat. Salah satu contoh memberikan pujian dapat dilihat dalam percakapan berikut ini.

Jane : “Hi, Kelly. Take a look at this! What do you think about my new dress?”
(Hai Kelly. Lihat ini! Bagaimana pendapatmu tentang baju baruku?)

Kelly : “Wow. What a nice dress. You look so beautiful. “
(Waw... Baju yang bagus. Kamu terlihat begitu cantik)

Jane : “Thank you very much.”
(Terima kasih banyak)

Kelly : “You are welcome.”
(Sama-sama)

Untuk berbagai pujian yang akan kita gunakan kita juga dapat menggunakan kata menyanjung bahasa inggris versi indonesia dalam arti kita membuat kata pujian dan lalu menerjemahkannya.

Itulah sedikit contoh bagaimana mengucapkan atau memberi pujian yang dapat kita lakukan saat bercakap-cakap dengan orang lain. Untuk dapat lebih memahami tentang bagaimana memuji seseorang rekan semua dapat mengunjungi berbagai contoh lainnya melalui tautan berikut!

Cara Memberikan Pujian dalam Bahasa Inggris

Semoga dengan satu contoh cara memberikan pujian dalam bahasa Inggris yang sudah diberikan serta beberapa koleksi contoh lengkap lainnya rekan pengunjung setia blog ini akan lebih mudah dalam mempelajari dan mendalami salah satu materi english for beginner yang kita bahas pada kesempatan ini.

Lain waktu berbagai materi bahasa Inggris lain akan terus diberikan khusus untuk rekan pengunjung semua yang sedang mempelajari bahasa Inggris. Sampai disini, have a nice day!