Pengertian dan Contoh Announcement Text

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Pengertian dan Contoh Announcement Text - Hari ini kita akan belajar salah satu functional text dalam bahasa Inggris yaitu mengenai announcement text dimana akan meliputi contoh dan penjelasan lengkap tersebut.

Berbeda dengan teks fungsional lain, announcement text (pengumuman) lebih mudah disusun karena hanya terdiri dari beberapa aspek dasar.

Dengan pembahasan materi bahasa Inggris ini diharapkan kita semua dapat lebih paham mengenai teks pengumuman dalam bahasa Inggris baik mengenai bagian-bagian teks tersebut maupun bagaimana cara membuat teks pengumuman menggunakan bahasa Inggris.

Teks pengumuman atau yang sering di sebut dengan Announcement Text merupakan salah satu teks yang perlu kita pelajari dan kita pahami. Jenis teks bahasa Inggris ini sering kita gunakan dan atau kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu wajar jika materi tentang teks pengumuman bahasa Inggris ini juga ditekankan untuk kita pahami. Selengkapnya mengenai penjelasannya langsung dapat kita baca berikut!

A. Pengertian Announcement Text (Pengumuman)

Announcement dalam bahasa Indonesia di artikan sebagai pengumuman, yaitu sebuah teks yang berisi pemberitahuan penting yang ditujukan kepada khalayak umum.

Jadi secara singkat announcement text adalah teks pengumuman. Sekedar untuk tambahan saja, selain membahas materi bahasa Inggris ini kita juga perlu untuk membahas beberapa materi berkaitan yaitu:

- announcement text in english
- definition of announcement text
- contoh announcement text
- announcement text example
- announcement text example in school
- announcement text in school
- pengertian announcement text
- announcement example

Dalam menyusun atau membuat teks tersebut ada beberapa bagian penting yang harus kita perhatikan. Pertama adalah siapa yang membuat pengumuman tersebut (who), disini teks pengumuman yang baik harusnya memuat nama perusahaan atau pihak yang memberikan pengumuman.

Kedua, teks pengumuman harus berisi dengan tanggal pengumuman. Hal ini tentunya berguna untuk menghindari kesalahan informasi pada pembaca.

Dengan adanya tanggal tersebut pembaca akan mengetahui mana pengumuman terbaru yang dapat dipercaya misalnya pada suatu ketiga ada beberapa pengumuman serupa dalam rentang waktu tertentu.

Yang selanjutnya adalah isi pengumuman itu sendiri. Isi pengumuman atau announcement text haruslah dalam kalimat yang singkat, padat dan jelas serta mudah dimengerti oleh pembaca pada umumnya. Agar lebih jelas mengenai hal tersebut di atas maka ada baiknya kita mempelajari contoh-contoh yang akan disertakan setelah ini.

B. Contoh-Contoh Lengkap Announcement Text Terbaru

Untuk dapat mendapatkan pemahaman yang memadai tentang announcement text maka berikut ini akan disertakan berbagai contoh lengkap text announcement terbaru yang dapat sama-sama kita pelajari.

Contoh-contoh tersebut akan bervariasi dan juga dilengkapi dengan terjemahannya, silahkan simak di bawah ini.

Pengumuman di Stasiun Kereta Api (announcement text di stasiun)


Relation Night KRL Serpong - Tanah Abang Launched

27 November 2012
To improve service to passengers KRL, PT. KAI launches relation Night KRL Serpong - Tanah Abang, Monday ( 5/11 ).


Terjemahan

KRL Malam Relasi Serpong – Tanah Abang Diluncurkan
27 November 2012
Untuk meningkatkan pelayanan terhadap penumpang KRL, PT. KAI meluncurkan KRL Malam relasi Serpong-Tanahabang, Senin (5/11).




TRAIN TICKETS NOW BE PURCHASED H -90

13 March 2012
As of Thursday, March 8, 2012, PT. TRAIN INDONESIA (Persero) impose sales Railway Tickets to H - 90 (90 days prior to departure). So for customers or prospective passengers can buy train tickets to travel up to 90 days. The provision applies only to the class KA Executive, Business and Economy commercial and middle distance. In addition, PT. KAI (Persero) implementing provisions for the train ticket is only valid for one passenger.


Terjemahan


KINI TIKET KERETA API DAPAT DIBELI H -90
13 March 2012
Terhitung hari Kamis tanggal 8 Maret 2012, PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) memberlakukan penjualan Tiket Kereta Api sampai dengan H-90 (90 hari sebelum keberangkatan). Sehingga bagi pelanggan atau calon penumpang bisa membeli tiket KA untuk perjalanan hingga 90 hari mendatang. Ketentuan tersebut hanya berlaku untuk KA kelas Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi komersial jarak jauh dan menengah. Selain itu PT. KAI (Persero) menerapkan ketentuan untuk satu tiket KA hanya berlaku untuk satu orang penumpang.


 Pengumuman Pembukaan Kantor Cabang


Sasanajaya and Partners Law Firm

is pleased to announce that they have opened their law practice on October 1, 2013 in 4 different cities

New clients are welcome

A law firm for all family matters:
Real estate, estate planning & administration, traffic, personal injury divorce/custody/support, wills/trust, adoption, and home visits

Main Office:
Jalan Lama Banget No. 0001 Melak

Branches:
Jalan Angsana Timur 456 Surabaya
Jalan Agiwiyata 688 Malang
Jalan Surabaya 343 Bekasi

A new branch office in Papua will open next month


Terjemahan

Sasanajaya dan Partners Law Firm

dengan bangga mengumumkan bahwa mereka telah membuka praktek hukum mereka pada Oktober 1, 2013 di 4 kota yang berbeda

Klien baru dipersilakan

Sebuah firma hukum untuk semua masalah keluarga:
Real estate, perencanaan & administrasi estate, lalu lintas, cedera pribadi perceraian / tahanan / dukungan, kehendak / kepercayaan, adopsi, dan kunjungan rumah

Kantor Pusat:
Jalan Lama Banget No 0001 Melak

Cabang:
Jalan Angsana Timur 456 Surabaya
Jalan Agiwiyata 688 Malang
Jalan Surabaya 343 Bekasi

Sebuah kantor cabang baru di Papua akan membuka bulan depan


Beberapa contoh di atas mungkin dapat membantu kita semua dalam mempelajari jenis pengumuman dalam bahasa Inggris khususnya untuk Pengertian dan Contoh Announcement Text. Lain waktu tentunya akan diberikan lagi contoh lain yang lebih beragam sesuai dengan tujuan pada pembahasan ini.

Pengertian dan Contoh Announcement Text

Agar lebih rapih tentunya tidak semua contoh akan kita tampilkan pada pembahasan ini tetapi akan dibahas pada ulasan lainnya.

Jangan lupa untuk melihat juga berbagai pelajaran-pelajaran bahasa inggris untuk pemula lainnya yang telah di bahas. Semoga blog English for Beginner ini dapat menjadi salah satu rujukan kita semua dalam mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Sekian, semoga bermanfaat.