Waktu dan Jam dalam Bahasa Inggris

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Cara Menyampaikan Waktu dan Jam dalam Bahasa Inggris - sebelumnya kita telah membahas mengenai waktu dan jam serta bulan dan kali ini kita akan sedikit belajar lagi mengenai bagaimana cara menyampaikan waktu dan juga jam tentunya dalam bahasa Inggris.

Dengan adanya ringkasan atau rangkuman materi ini diharapkan kita akan lebih paham lagi mengenai cara mengungkapkan atau menyatakan bentuk waktu jam menggunakan bahasa Inggris. Jadi kita tidak akan bingung kalau ada yang bertanya "jam berapa?" karena sudah paham.

Seperti kita ketahui dalam kehidupan sehari-hari kita sering kali berbincang dan harus menunjukkan dan atau menyampaikan masalah waktu atau jam. Contoh sederhananya sering kita menanyakan waktu misalnya jam berapa akan pergi dan sebagainya.

Jadi sangat penting bagi kita untuk memahami bagaimana menyebutkan waktu atau jam menggunakan kalimat bahasa Inggris. Yang pertama kita pahami terlebih dahulu dasar teorinya. Nanti kita praktikkan dalam percakapan.

A. Menyampaikan Waktu dan Jam

Bagaimana cara menyampaikan waktu yang benar? Jam berapa ini, kapan kita akan pergi jalan-jalan, nanti pertanyaan seperti itu akan mudah dijawab. Dalam bahasa Inggris ada banyak cara untuk menyampaikan waktu/jam. Berikut ini cara-cara menyampaikan waktu dalam bahasa Inggris.

Dengan cara mengucapkan jam terlebih dahulu baru diikuti dengan menitnya
Yang pertama adalah dalam bentuk jam terlebih dahulu baru menitnya mengikuti. Cara ini merupakan cara yang paling mudah. Perhatikan contoh di bawah ini!

5:10 - Five Ten
6: 30 - Six Thirty
8: 45 - Eight forty-five

Untuk bilangan 0-09, kita bisa mengucapkannya dengan 'oh'
misalnya: 4:04 - Four (oh) four.

Dengan cara mengucapkan menitnya terlebih dahulu kemudian baru jamnya
Dengan cara ini, kita menggunakan past jika menitnya 01-30
Contoh:
4:10 - Ten past four (jam 4 lewat 10 menit)
7:20 - Twenty past seven (Jam tujuh lewat dua puluh menit)
11: 25 - Twenty five past eleven (jam 11 lewat 25 menit)

Gunakan to untuk menit 31-59
Contoh:
4: 35 - twenty five to 5 (jam 5 kurang 25 menit)
7: 50 - Ten to eight (jam 8 kurang 10)
10: 40 - Twenty to eleven (jam 11 kurang 20)

Dalam bahasa Inggris 30 menit = half, 15 menit = a quarter
Contoh:
1: 15 - a quarter past one
4: 30 - half past four
3:45 - a quarter to four
6:30 - half past six
7:45 - a quarter to eight

Catatan
Dalam bahasa Inggris Amerika, kata "after" sering dipakai untuk menggantikan kata "past", misalnya, 7:15 (a quarter after seven), 5:10 (ten after five), 7:30 ( half after seven). Kata "to" dalam bahasa Inggris Amerika juga sering diganti dengan kata "before/of". Misalnya: 5:45 (a quarter before/of six)

B. Mengenal a.m. dan p.m.

a.m. dan p.m. sering dipakai dalam menyampaikan jam. a.m. (ante merediem) dipakai untuk waktu sebelum siang atau sesudah siang yaitu antara pukul 00:00 sampai pukul 12:00 siang. p.m. (post merediem) dipakai untuk waktu antara pukul 12:00 siang sampai 00:00. 

Untuk a.m. atau p.m. digunakan/dirangkai berbarengan cara penyampaian waktu pada cara ke 1 di atas. Bila kita tidak ingin menggunaka a.m. ataupun p.m., kita bisa menggungakan kata in the morning, in the afternoon, in the evening, atau at night.

Contoh: 7:15 (a quarter past seven in the morning/ a quarter past seven in the evening).
Pertanyaan yang sering dipakai untuk menanyakan jam antara lain:

What time is it?
What's the time?

Demikianlah tadi sedikit pembahasan kita mengenai waktu dan jam dalam bahasa Inggris. Di atas kita sudah belajar mengenai teori dan beberapa contoh singkat. Lain waktu akan kita perdalam lagi mengenai hal ini dengan menghadirkan percakapan singkat.


Dengan belajar langsung dalam sebuah percakapan kita akan lebih mudah dalam menerapkan teorinya dan lebih mudah dalam menghafalkan berbagai bentuk ucapannya. Sementara itu saja dulu, silahkan lanjutkan dengan contoh yang sudah disiapkan dibagian akhir.