Penggunaan kata Fill in dan Fill Out

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Setelah contoh penggunaan do and does, kali ini saya akan membahas mengenai contoh penggunaan kata fill in dan fill out. Dalam bahasa Inggris memang banyak kata yang mirip - mirip jika diterjemahkan tetapi memiliki kegunaan yang ternyata berbeda.

Seperti dua kata yang akan kita bahas kali ini. Mungkin dua kata ini tidak asing di telinga kita. Ya, kata fill in dan juga kata fill out banyak dijumpai dalam percakapan atau kosa kata sehari-hari. Lalu, sebenarnya bagaimana penggunaan dua kata tersebut?

Sobat beginner (pemula) yang masih bingung dengan dua kata tersebut yaitu bagaimana perbedaan penggunaan yang ada bagi kata "fill in" dan "fill out" tersebut silahkan mengikuti penjelasannya dibawah ini agar memiliki gambaran mengenai hal itu.

A. Kata Fill in dan Fill Out

Banyak diantara kita masih bingung dengan dua kata tersebut, terutama saat kita baru belajar bahasa Inggris. Sebenarnya hal tersebut tidak perlu terjadi jika kita mengetahui arti sebenarnya dari dua kata fill in dan fill out tersebut.

Fill in = mengisi 
Fill out = mengisi dengan lengkap 

Nah, dari artinya di atas tentu kita sudah bisa mendapatkan gambaran bagaimana pemakaiannya bukan? Fill in dalam bahasa Indonesia diartikan dengan “mengisi”. Mengisi disini merupakan kegiatan mengisi pada tempat yang kosong. 

Sedangkan fill out diartikan dengan “mengisi” dengan lengkap atau “melengkapi. Jadi, jelas bahwa kedua kata tersebut digunakan dalam situasi yang berbeda pula.

B. Contoh Penggunaan kata Fill in dan Fill Out

Sobat yang masih bingung dengan penggunaan kata di atas, silahkan langsung perhatikan contoh-contoh berikut ini.

Part I is multiple choice. As for part II, just fill in the blanks with the correct words, the teacher instructed the student. 
Bagian pertama adalah pilihan ganda. Untuk bagian ke dua isi bagian yang kosong dengan kata yang tepat, pak guru memberi petunjuk kepada murid-muridnya. 

Please fill out this form and may I see your passport, sir? The receptionist asked me. 
Tolong lengkapi formulir ini dan bolehkan saya melihat paspor anda, pak? Tanya resepsionis kepada saya. 


Dari dua contoh tersebut saya harap sobat semua dapat memahami bagaimana penggunaan kata fill in dan fill out yang benar. Dari artinya saja kita sudah bisa memastikan bahwa kedua kata tersebut memang memiliki fungsi berbeda.

Mudah-mudahan semua jadi bisa lebih paham dengan materi ini. Lain waktu saya akan memberikan lebih banyak contoh lain jika memang diperlukan. Jangan lupa lanjutkan untuk beberapa materi lain yang sudah disiapkan di babwah. Sampai disini, semoga bermanfaat.