Analytical Exposition Text

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Pengertian Analytical Exposition Text dan Contohnya - English for beginner kali ini akan sedikit membahas mengenai “Analytical Exposition Text” yaitu meliputi pengertian dan juga contohnya. Mungkin dengan dibahas lagi kita bisa memahami semua poin dalam materi tersebut.

Mungkin ada yang sudah paham dengan jenis teks bahasa Inggris tersebut? Ya, sebagia besar sudah tahu apa yang dimaksud dengan teks ini. Yang belum paham dan masih bingung tidak perlu berkecil hati. Kita bisa belajar bersama disini.

Selain mempelajari lagi inti atau rangkuman dari materi tersebut nanti kita juga akan membahas langsung sebuah contoh dari teks ini. Dengan begitu teorinya bisa langsung diterapkan dan diterjemahkan kedalam pemahaman terhadap teks yang disajikan.

Untuk memperdalam tentang pembahasan kita kali ini silahkan ikuti langsung uraian lengkapnya berikut! Saya sangat menyarankan untuk mempelajari materi ini dengan baik karena analytical exposition text banyak kita gunakan dan lumayan penting.

A. Pengertian Analytical Exposition Text

Melihat dari tujuannya yaitu untuk meyakinkan pembaca bahwa topik yang dihadirkan adalah topik yang penting untuk dibahas atau mendapat perhatian dengan cara pemberian argumen-argumen atau pendapat-pendapat yang mendukung ide pokok atau topik tertentu.

Dapat dikatakan bahwa analytical exposition text adalah jenis teks yang termasuk ke dalam jenis argumentation text di mana teks tersebut berisi tentang pemikiran terperinci penulis tentang sebuah kejadian atau peristiwa yang ada di sekitarnya.
"Exposition is a text that elaborates the writer‘s idea about the phenomenon surrounding. Its social function is to persuade the reader that the idea is important matter."
Dari sini jelas sekali bahwa analytical exposition text adalah sebuah teks bacaan yang menjelaskan pemikiran-pemikiran atau pendapat-pendapat dari penulis tentang sesuatu hal.

Tujuannya yaitu untuk membujuk atau meyakinkan bahwa pemikiran atau pendapat yang dikemukakan tadi merupakan suatu hal yang penting. Saran penelusuran yang terkait dengan materi kali ini yaitu sebagai berikut.

1) example analytical exposition
2) contoh hortatory exposition text
3) contoh makalah analytical exposition
4) analytical exposition text pendidikan
5) analytical exposition text in english
6) pengertian analytical exposition text
7) contoh analytical exposition text dan soalnya
8) contoh analytical exposition text dan terjemahannya

Generic Structure of Analytical Exposition
1. Thesis: Introducing the topic and indicating the writer’s position
2. Arguments: Explaining the arguments to support the writer’s position
3. Reiteration: Restating the writer’s position

B. Contoh Analytical Exposition Text Singkat

Agar lebih jelas mengenai materi Analytical Exposition Text ini berikut ada sebuah contoh singkat exposition text yang dapat dipelajari dengan judul Laptop as Students' Friend. Silahkan simak contohnya berikut!

Laptop as Students' Friend

Conventionally, students need book, pen, eraser, drawing book, ruler and such other stuff. Additionally, in this multimedia era, students need more to reach their progressive development. Students need mobile keyboards to record every presented subject easily. Of course it will need more cost but it will deserve for its function.

First, modern schools tend to apply fast transferring knowledge because the school needs to catch the target of curriculum. Every subject will tend to be given in demonstrative method. Consequently students need extra media cover the subject. Since there is a laptop on every student’s desk, this method will help student to get better understanding.

Secondly, finding an appropriate laptop is not difficult as it was. Recently there is an online shop which provides comprehensive information. The best is that the shop has service of online shopping. The students just need to brows that online shop, decide which computer or laptop they need, and then complete the transaction. After that the laptop will be delivered to the students' houses. That is really easy and save time and money.


From all of that, having mobile computer is absolutely useful for students who want to catch the best result for their study. Buying laptop online is advisable because it will cut the price. This online way is recommended since online shops also provide several laptop types. Students just need to decide which type they really need.

***

Demikian tadi ulasan singkat mengenai " Pengertian Analytical Exposition Text dan Contoh" yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga apa yang dibahas dapat menambah sumber belajar bagi netter semua.