Interrogative dan Relative Pronouns

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Kata Ganti Bahasa Inggris Interrogative dan Relative Pronouns - Setelah sebelumnya kita belajar untuk mengenal Demonstrative dan Indefinite Pronouns Bahasa Inggris dan Personal, Possessive and Reflexive Pronouns – Kata Ganti Bahasa Inggris dan juga mengenai bentuk pasif bahasa Inggris,  kali ini kita akan belajar kata ganti yang lain yaitu interrogative dan relative pronouns.

Pada pembahasan ini tidak akan diuraikan terlalu panjang mengenai kedua materi di atas melainkan hanya akan diberikan ringkasan atau rangkuman beberapa poin penting yang berkaitan dengan introgatif dan relatif pronoun tersebut.

Yang akan dijelaskan adalah pengertian, rumus dan juga beberapa contoh yang sudah dilengkapi dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia. Mungkin ada rekan yang ingin mengulang kembali materi tersebut?

Ya, pembahasan ini tujuannya untuk mengingatkan kita kembali akan beberapa materi pelajaran yang sudah dipelajari di kelas. Selain itu, diharapkan dengan pembahasan seperti ini kita bisa lebih paham dan benar-benar mengerti mengenai materi yang dibahas.

A. Interrogative pronouns

Yang pertama adalah bentuk pronouns yang interrogative. Interrogative pronouns adalah kata ganti penanya yang digunakan untuk mengajukan suatu pertanyaan dalam bahasa Inggris. Kata ganti tersebut meliputi:
  1. Who siapa (menanyakan orang sebagai subjek/pokok kalimat)
  2. Whom siapa (menanyakan orang sebagai objek pelengkap penderita)
  3. Whose milik siapa (menanyakan kepunyaan)
  4. What Apa (menanyakan nama, benda, pekerjaan atau jabatan seseorang)
  5. Which yang mana (menanyakan pilihan)
Untuk memudahkan kita mengingat mengenai kata ganti ini maka ada rumus yang bisa digunakan untuk membentuk kalimatnya. Seperti apa, berikut rumus yang bisa digunakan.

Rumus
Kata ganti penanya + Kata kerja bantu + subjek + kata kerja + kata keterangan

Contoh:
- For whom does she make the dress? atau who does she make the dress for?
Untuk siapa dia membuat pakaian?

- With whom do you go to school? atau who do you go to school with?
Dengan siapa kamu berangkat sekolah?

Bagaimana, sudah ada pengertiannya, sudah ada rumus ingerrogative pronoun-nya dan sudah dilengkapi contohnya sekaligus. Sudah paham bukan? Silahkan berlatih menyusun kalimat-kalimat pendek berdasarkan rumus tersebut.

B. Relative or Conjunctive Pronouns

Relative pronoun (kata ganti penghubung) bukan saja menunjuk kepada suatu kata benda yang mendahului, tetapi juga menghubungkan dua buah kalimat menjadi sebuah kalimat, oleh karena itu, kata ganti penghubung boleh juga disebut conjunctive pronoun.

Dalam bahasa Indonesia, dua buah kalimat dapat digabungkan menjadi sebuah kalimat dengan memakai yang, kalau pokok kalimat yang pertama dan pokok kalimat yang kedua terdiri dari orang yang sama atau benda yang sama.

- The man is my brother
- The man comes from Jakarta

digabung menjadi :
The man who comes from Jakarta is my brother

Lalu kata apa saja yang digunakan dalam relative pronoun? Kata-kata yang digunakan sebagai relative pronoun adalah who, which, that, whom, whose dan what. Sudah jelas bukan, mari kita lihat contohnya dalam kalimat.

a) Who digunakan untuk menerangkan orang
The girl who always plays in front of my house is very beautiful.
Gadis yang selalu bermain di depan rumahku sangat cantik

b) Which digunakan untuk menerangkan benda, hewan, atau tumbuh-tumbuhan, dsb
This is the fish which I fished last night.
Ini adalah ikan yang saya pancing tadi malam

c) That digunakan untuk untuk menerangkan orang, hewan, atau tumbuhan. Kata that sering digunakan untuk who, whom, atau which, tetapi tidak pernah untuk whose.
The man that (= whom) we were looking for has come.
Orang yang kita cari sudah datang

d) Whom dipakai untuk menerangkan orang, tetapi berfungsi sebagai objek
They are the painters whom he admires.
Mereka adalah pelukis-pelukis yang dikaguminya

e) Whose = yang … nya, digunakan untuk menyatakan kepunyaan
He is the writer whose book you are reading.
Ia adalah penulis yang buku-nya sedang kamu baca

f) What = apa yang, yang
I don’t understand what you mean.
Saya tidak mengerti apa yang kau maksudkan

Dalam bahasa Inggris percakapan (spoken English) yang modern, kata-kata ganti penghubung that, which atau whom seringkali dihilangkan. Kata-kata ganti penghubung which dan what tidak dapat dipakai setelah all, some, any, something, everything, anything, nothing, much dan little

Hanya kata ganti penghubung that boleh dipakai setelah kata-kata ini, tetapi biasanya dihilangkan. Kata-kata ganti penghubung who dan which dapat digantikan oleh that kalau pengertiannya bersifat membatasi.

Demikian tadi pembahasan singkat kita mengenai kata ganti Bahasa Inggris yang meliputi dua jenis yaitu Interrogative Pronouns dan Relative Pronouns. Mudah-mudahan pembahasan di atas bisa menyegarkan kembali ingatan kita.


Mudah-mudahan dengan contoh dan artinya yang disertakan juga bisa membuat kita semakin paham dengan materi bahasa Inggris tentang pronouns tersebut. Lain waktu kita sambung dengan contoh yang lebih banyak.