Possessive Pronoun (Kata Ganti Milik)

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Pengertian dan Contoh Possessive Pronoun - Ya, pelajaran bahasa Inggris kali ini kita akan membahas tuntas mengenai jenis kata yang menandakan milik yaitu "Possessive Pronoun". Dalam pembahasan ini anda akan diajak untuk memahami mengenai pengertian, contoh dan beberapa informasi lain yang berkaitan dengan hal tersebut.

Dengan pembahasan ini anda diharapkan akan mampu untuk berkomunikasi dengan menunjukkan kepemilikan baik itu milik anda maupun milik orang lain. 

Pembahasan ini akan kita mulai dengan mengulas mengenai definisi dan kemudian diikuti dengan contoh kalimat yang menggunakan kata ganti milik tersebut. Penjelasan selengkapnya bisa anda ikuti di bawah ini.

Tak kenal maka tak sayang, maka dari itu mari kita pahami terlebih dahulu pengertian tersebut. Possessive Pronoun adalah kata ganti yang menunjukan milik, pemilikan atau kepunyaan. 

Kata ganti milik ini dapat meliputi orang, benda, binatang atau lainnya. Untuk posisi pada kalimat, Possessive Pronoun bisa berfungsi sebagai subjek, objek dan lainnya. Selain pembahasan ini anda juga mungkin akan perlu membaca pembahasan berikut:

1. contoh kalimat possessive pronoun
2. possessive adjective
3. possessive pronoun exercise
4. artikel possessive pronoun
5. possessive pronoun worksheet
6. possessive pronoun games
7. example of possessive pronoun
8. possessive adjective and possessive pronoun

A. Possessive Pronoun yang diikuti kata bendanya

Pada posisi yang pertama ini, kata ganti milik akan diikuti dengan kata bendanya, sebagai contoh anda bisa melihat beberapa kata ganti tersebut di bawah ini.

                                      Singular/Tunggal                     Plural/Jamak
Orang Pertama               My                                             Our
Orang Kedua                 Your                                           Your
Orang Ketiga                  His, Her, Its                               Their

Dari tabel di atas jelas terlihat bahwa posisi Possessive Pronoun ini adalah sebelum kata benda (diikuti kata benda). Untuk lebih jelasnya mari kita lihat beberapa contoh berikut:

Contoh
1. Here is my book (Ini buku ku)
2. Is that your car?  (Apakah itu mobil mu?)
3. Mr. Udin is their teacher (Pak Udin adalah guru mereka)

Kata yang dicetak tebal di atas adalah kata ganti milik yang pada kalimat tersebut langsung diikuti dengan kata bendanya masing-masing: book, car dan teacher. 

B. Possessive Pronoun yang tidak diikuti oleh kata bendanya

Bentuk yang kedua adalah kata ganti milik yang dapat berdiri sendiri atau tidak diikuti dengan kata bendanya. Kata ganti tersebut antara lain yaitu mine, yours dan his. Untuk beberapa kata lainnya silahkan lihat pada daftar berikut.

                             Singular/Tunggal                    Plural/Jamak

Orang Pertama                Mine                                        Ours
Orang Kedua                  Yours                                       Yours
Orang Ketiga                   His, Her, Its                             Theirs

Satu kata yang mewakili dua kata dalam bahasa Indonesia (mine = milikku), jika anda ingin tahu bagaimana menggunakannya dalam kalimat silahkan lihat beberapa contoh berikut.

Contoh
1. This book is mine (Buku ini milik ku)
2. This car is hers     (Mobil ini kepunyaannya)
3. These books are theirs (buku-buku ini kepunyaan mereka).

Setelah mempelajari mengenai dua tipe penempatan Possessive Pronoun (Kata Ganti Milik) di atas sekarang anda bisa tahu bahwa untuk mengungkapkan kata "milikku" anda bisa menggunakan dua cara yaitu menggunakan kata ganti yang diikuti kata bendanya atau menggunakan kata ganti yang dapat berdiri sendiri. 


Hal ini tentu saja bisa anda sesuaikan pada kebutuhan bercakapan yang terjadi. Selanjunya anda bisa mempelajari beberapa pembahasan lain berkaitan dengan materi ini di bagian akhir tulisan ini. Sementara itu saja, silahkan diterapkan dalam kalimat dan percakapan anda sehari-hari, trims.