Penggunaan The, An dan A Yang Benar dan Contohnya

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Penggunaan Noun Maker The, An dan A Yang Benar + Contoh - Salah satu yang terkadang sering membingungkan dalam bahasa Inggris adalah tentang noun maker atau penanda kata benda. Singkatnya, kata benda itu ada tanda-tandanya loh. Salah satunya yang akan kita bahas.

Sering khususnya bagi pemula salah memberikan penanda ini sehingga kata atau kalimatnya menjadi tidak bisa dicerna. Kali ini kita akan mengupas lagi mengenai cara menggunakan The, An dan A yang akan dilengkapi dengan contoh sekaligus.

Noun marker (penanda kata benda) dalam bahasa Inggris ada 3 jenis yaitu : A, An dan The. Ketiga penanda tersebut tentunya digunakan dengan cara berbeda-beda sesuai dengan aturan baku tata bahasa yang berlaku. Bagaimana untuk menggunakan ketiga kata sandang tersebut?

1 .......Umbrela
2 .......House
3 .......Motorcyle

Kira-kira kata sandang (A, an dan the) apa yang tepat dan cocok untuk mengisi titik-titik sebelum kata benda diatas? Jawabannya adalah yang pertama An, kedua A/The dan yang ketiga a/the, kenapa begitu? Untuk lebih jelas mengenai The, An dan A perhatikan rumus berikut!


A = selain A, I, U, E dan O

An = A, I, U, E dan O

The = semua alfabet


Artikel A untuk huruf konsonan/mati contoh House, School, Motorcyle, ect.....contohnya: A house, tidak boleh an house, a school, tidak boleh an scholl, dst. 

Artikel An untuk huruf vocal/hidup contoh Umbrella, University, contohnya an umbrella, tidak bisa a umbrella, an university, tidak boleh a university, dst. 

Sedangkan The ini sifatnya flexibel, bisa kesana kemari, artinya boleh pada huruf konsonan maupun vokal. Sekarang sudah jelas bukan bagaimana menggunakan artikel atau penanda tersebut? Tidak bingung dong.

Penggunaan The, An dan A Yang Benar dan Contohnya

Kira-kira begitulah Penggunaan The, An dan A Yang Benar, mudah-mudahan dengan beberapa contoh yang sudah diberikan kita akan lebih mudah dalam membedakan penggunaan ketiga jenis noun maker tersebut!

Referensi:
Thomson ''A Practical English Grammar''
George M. Burk '' Let's write english''
Michael swam ''practice english usage''.