Tips Cara Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris – di dunia yang semakin maju dan tak terbatas, penggunaan bahasa internasional bahasa Inggris memang sangatlah penting dan dibutuhkan banyak orang. Bahasa Inggris yang sudah semakin luas di gunakan sebagai sarana komunikasi global menjadi salah satu disiplin ilmu yang patut dan penting untuk dipelajari.

Namun sayangnya untuk menguasai bahasa tersebut sebagai bahasa kedua tidaklah semudah yang dibayangkan. Bahkan banyak yang mengalami kesulitan saat mempelajari bahasa Inggris.

Sebenarnya tidak sulit jika kita gunakan bahasa Inggris langsung sebagai alat komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Kenyataannya, saat belajar bahasa Inggris kadang kita terlalu sibuk dengan teori-teori kebahasaan dan lupa bagaimana mempraktekkan bahasa tersebut.

Agar lebih mudah dalam menguasai bahasa asing seperti ini sebenarnya inti yang harus dilakukan adalah menyeimbangkan antara teori dan praktik – yaitu langsung menggunakan teori yang dipelajari dalam komunikasi yang kita lakukan. 

Kurang seimbangnya teori dan praktik inilah yang terkadang membuat seseorang tetap kaku dan kelu untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Padahal kemampuan berbahasa Inggris bukan hanya pada teori atau tertulis saja melainkan juga kemampuan berbicara atau bercakap-cakap.

Melihat latar belakang tersebut maka baik juga jika kita menyempatkan diri untuk mempelajari beberapa tips atau kiat agar kita tahu bagaimana cara mudah belajar bahasa Inggris khususnya untuk kita yang belum begitu lancar berbahasa Inggris. Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa kita terapkan dalam belajar bahasa Inggris bagi pemula. 

1) Mulai dari yang mudah
2) Perbanyak membaca, mendengar dan melihat
3) Sebisa mungkin praktekkan langsung apa yang diketahui
4) Mintalah koreksi, jangan takut salah
5) Gabung dengan komunitas yang menggunakan bahasa Inggris
6) Pahami makna, bukan terjemahannya

Tips pertama adalah sebaiknya kita mulai belajar dari yang paling mudah dan yang paling sederhana, misalnya dengan mempelajari berbagai kalimat percakapan sehari-hari. Baru setelah yang paling mudah sudah dikuasai kita bisa lanjut ke berbagai materi yang lain lagi.

Jika kita belajar mulai dari yang sulit hal itu bisa membuat kita frustrasi dan menyerah karena merasa sulit dan tidak mampu mempelajarinya. 

Untuk mendukung kegiatan belajar, kita juga bisa mulai membiasakan diri kita dengan bahasa ini. Kita bisa melakukannya dengan lebih banyak membaca, mendengar dan melihat langsung penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan nyata.

Untuk itu kita bisa memanfaatkan lagu, film, berita atau buku-buku yang berbahasa Inggris. ingat, ini adalah proses pembiasaan jadi kita tidak perlu terlalu pusing memahami arti atau makna yang ada pada bacaan, film atau lagu yang kita dengar. Sedikit demi sedikit kita bisa mencarinya dari yang paling terjangkau.

Saat kita sudah mampu menghafal dan memahami satu dua kata atau kalimat baiknya langsung kita gunakan atau praktekkan dalam komunikasi. Ucapkan dan gunakan apa yang kita hafal tersebut untuk berkomunikasi dengan teman atau rekan lain yang juga sedang belajar.

Untuk mendukung kemampuan berbicara (speaking) kita bisa bergabung dengan komunitas-komunitas yang menggunakan bahasa Inggris. dengan begitu kita akan terpacu dan lebih termotivasi untuk praktik langsung sebanyak mungkin.

Selanjutnya, bahasa bisa memiliki arti kontekstual jadi di awal kita bisa belajar lebih memahami makna yang diucapkan dari pada menghafal arti. Suatu kata bisa memiliki banyak arti dan arti tersebut bisa juga dipengaruhi oleh keadaan lingkungan, emosi, penutur yang menggucapkan. Maka sangat mungkin kita bisa menangkap makna suatu kalimat yang diucapkan tanpa mengetahui artinya.


Demikianlah tadi sedikit tips atau kiat yang bisa kita gunakan dalam belajar bahasa Inggris. semoga dengan tips di atas kita bisa tahu cara belajar bahasa Inggris yang mudah. Itu saja, silahkan lanjut ke beberapa tips lain yang sudah disiapkan di bagian akhir tulisan ini.