Kumpulan Contoh Teks Report Singkat dan Terjemahan

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Contoh Teks Report Singkat - Salah satu kendala dalam belajar bahasa Inggris biasanya adalah ketika kita diminta untuk menyusun sebuah teks tertentu sementara kita belum begitu paham benar mengenai teks tersebut.

Sebagai contoh kita diminta mengerjakan tugas "Buatlah satu contoh teks report tentang binatang!". Bisanya kita akan kesulitan menyusun sendiri teks yang diminta jika kita belum memahami benar mengenai teks tersebut.

Untuk alasan itu, kali ini media belajar bahasa Inggris online akan mengajak kita untuk mempelajari kembali materi report text dan mempelajari juga mengenai contoh teks report tersebut.

Dalam hal ini kita akan coba mengulang kembali apa yang sudah kita pelajari sebelumnya mulai dari pengertian atau definisi, susunan atau generic sturcture, tujuan dan lain sebagainya. 

Pertama mari kita mulai dari memahami lagi tentang apa yang dimaksud dengan report text bahasa Inggris. Seperti telah kita pelajari sebelumnya, report text adalah jenis teks yang mengumumkan hasil penyelidikan atau mengumumkan sesuatu secara umum atau general. Maka dari itu, informasi yang diberikan dalam teks laporan seperti ini isinya bersifat sangat umum.

Jika kita perhatikan, report text (teks report) ini mirip juga dengan jenis teks bahasa Inggris lain yaitu descriptive text. Karena mirip kadang kita sampai salah membedakan antara keduanya. Lalu sebenarnya apa yang membedakan kedua teks tersebut?

Jika kita perhatikan lebih detail pada strukture informasi yang ada di dalamnya maka kita bisa dengan mudah menarik kesimpulan mengenai perbedaan kedua teks tersebut.

Dalam hal ini report text akan berisi informasi yang lebih umum atau general sedangkan descriptive text lebih ke informasi yang spesifik atau khusus.

Dan perlu diketahui juga bahwa report text ini biasanya bersifat ilmiah dan menggunakan bahasa-bahasa yang ilmiah pula. Dari pengertian dan perbedaan tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tujuan (social function) report text adalah untuk menyajikan informasi tentang sesuatu secara umum kepada pembaca.

Lebih lanjut, untuk mengenali jenis teks bahasa Inggris ini tentu kita bisa melihat dari susunan teks tersebut atau yang sering dikenal dengan sebutan general structure report text. Generic Structure tersebut yaitu sebagai berikut!

  1. General Classification yaitu berisi pernyataan umum tentang subject yang dibicarakan atau dibahas.
  2. Description yaitu merupakan bagian yang memberikan gambaran secara detail mengenai subject yang dibahas pada bagian general classification

Nah, sekarang kita sudah ingat lagi mengenai apa dan bagaimana teks report tersebut. Selanjutnya kita tinggal mengukur sejauh mana pemahaman kita tentang teks report ini dengan mempelajari contoh yang akan diberikan.

A. Contoh Teks Report Singkat Terbaru

Di atas kita telah mempelajari kembali tentang report text dan sekarang mari kita pelajari juga mengenai contohnya langsung. Untuk contoh, berikut ini adalah sebuah teks bahasa Inggris singkat yang seyogyanya di susun sebagai latihan dalam membuat teks report.

Dengan contoh ini mari kita ukur kemampuan kita dengan mengidentifikasi apakah text berikut adalah benar sebagai teks report atau tidak.

Teks di bawah ini berjudul "chameleon" atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai "bunglon. Supaya kita bisa lebih memehami tentang materi ini maka mari kita analisa contoh teks report tersebut apakah sesuai dengan ketentuan atau tidak. Berikut teks tersebut selengkapnya.

Chameleon

Kumpulan Contoh Teks Report Singkat dan Terjemahan
Foto: Bunglon/liputan6.com

Chameleon is a species of reptile that can vary the color of his skin. A chameleon can change the color of her skin, though not as powerful as the discoloration of chamaeleon. Usually turns from bright colors (green, yellow, or light gray) into the darker color, Brown or blackish.

Chameleon garden that a medium-sized, long-tailed dangle. Total length up to 550 mm, and four-perlimanya is the tail. Out on the nape and back is more like a mane ("jubata" meaning bersurai) rather than the Crown, unlike the nearby relatives b. cristatella (crista: Crest, Crown). Out of these scales is composed of many long tapered flat but software similar to skin.

The Chin with a SAC wide, reinforced soft. The eye is surrounded by a fairly wide pelupuk, pliable, composed of scales in the form of delicate spots. Scales Chameleon mane hard, rough, berlunas; the tail feels bersegi-segi. Occasional exceptions are the scales of Crest, which is not berlunas and somewhat similar soft skin.

B. Kumpulan Teks Report Singkat

Di atas telah kita baca bersama-sama satu buah teks singkat untuk contoh report text dan untuk memenuhi kebutuhan belajar kita ada baiknya juga kita pelajari contoh-contoh lainnya.

Sebagai tambahan referensi belajar dan latihan maka berikut ini telah dirangkum beberapa koleksi contoh yang bisa kita gunakan sebagai bahan belajar di rumah.

Dengan mempelajari lebih dari satu contoh maka diharapkan kita akan lebih paham mengenai materi report text ini sehingga nantinya kita bisa mengenali dan membuat sendiri teks tersebut.

Meski belum lengkap semua namun mudah-mudahan beberapa koleksi di bawah ini bisa bermanfaat. Berikut kumpulan contoh report text selengkapnya!

1) Contoh teks pidato singkat tentang kebersihan 
2) Contoh teks pidato singkat tentang pendidikan 
3) Contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya 
4) Contoh teks eksplanasi beserta strukturnya 
5) Contoh report text singkat dan artinya 
6) Contoh teks argumentasi singkat 
7) Contoh dialog negosiasi singkat 
8) Contoh recount text singkat 
9) Contoh report text

Demikianlah tadi pembahasan singkat kita mengenai Contoh Teks Report dan Terjemahan. Semoga bisa menjadi tambahan bahan belajar bagi kita semua yang mempelajari bahasa Inggris baik di sekolah, kampus, atau pun secara otodidak.

Jangan lupa lanjutkan pembahasan ini ke beberapa materi bahasa Inggris lainnya di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, have a nice day!