Functional Text, Pengertian dan Contoh

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Functional Text, Pengertian dan Contoh - Salah satu yang menjadi topik pembahasan atau pelajaran bahasa Inggris kita adalah mengenai teks fungsional atau functional text. Maka dari itu hari kita kita akan membahas materi bahasa Inggris tersebut secara lebih gamblang agar mudah kita pahami dengan baik.

Pembahasan ini akan terdiri setidaknya dua hal yaitu mengenai definisi dan juga berbagai contoh yang dapat kita lihat langsung.

Jadi disini kita akan memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan functional text dan bagaimana bentuknya. Dengan begitu jika ada soal bahasa Inggris untuk materi ini kita bisa dengan mudah menjawabnya.

Selain itu kita juga tentunya diharapkan bisa membuat atau menyusun sendiri jenis teks tersebut jika dibutuhkan. Pembahasan mengenai hal ini juga tentu saja berkaitan dengan beberapa pembahasan kita sebelumnya yaitu:

1) Announcement text
2) Descriptive texts
3) Procedural texts
4) Narrative texts

Apa kaitannya functional text ini dengan beberapa teks di atas? Kita bisa mengetahuinya dengan mempelajari juga beberapa jenis teks bahasa Inggris di atas.

Dengan begitu pemahaman kita akan menjadi lebih lengkap dan lebih menyeluruh lagi. Sekarang mari kita lanjutkan terlebih dahulu ke inti materi berikut!

Today I will invite you to learn about functional text. In this case I will explain starting from the definition, types and examples. Functional text, I think is very important because many functional texts used in our daily life so you should not miss this article.

A. Definition of Functional Text

In general, I can say that functional text is text that has a specific function and purpose and in a simple, functional text is a text that explains something or that tells you how to do something. Functional text is used for everyday information.

Jadi secara umum functional text adalah suatu teks yang memiliki tujuan atau fungsi khusus. Dalam hal ini contohnya untuk menjelaskan sesuatu atau yang memberitahu kita cara melakukan sesuatu. Nah, teks ini digunakan untuk berbagai informasi dalam kehidupan kita sehari-hari.

It is called functional because it helps you function in day-to-day life. For example, if I want to make a cake then I would read a recipe to make a cake. These are some example of functional text and also the purpose of these examples of functional text.
  1. Recipes: create a meal or dish 
  2. Menu: choose something to eat
  3. Manuals: tell you how to do some thing 
  4. Index: to find the pages of a word or term you are looking for 
  5. Dictionary: to give you definition, part speech, pronunciation 
  6. Chart: displays different kinds of data; information 
  7. Graph: to show you how data are related or changes over time 
  8. Maps: It show you directions, places, local to the word and statistics etc.. 

Ada banyak contoh dari functional text ini, diantaranya seperti di sebutkan dalam daftar di atas mulai dari resep masakan, daftar menu untuk dipesan atau dipilih, petunjuk dan lain sebagainya.

Sekarang kita sudah tahu bagaimana definisi atau pengertian dari teks tersebut bukan? Nah, kalau begitu mari kita lanjutkan dengan melihat langsung bagaimana contohnya.

B. Some examples of functional text 

In addition to the above examples, there are also functional text that aims to entertain or provide information such as recount text, narrative and descriptive text. For an example of functional text, I have set up special discussions to be learned. Some those examples are:
  1. Example of functional Text, Recount Texts
  2. Functional Text: Procedural Texts
  3. Functional Text: Narrative Texts
  4. Functional Text: Descriptive Texts

With the examples above, I hope you can understand and understand better about this text. For those who need the examples of a functional text may read directly through the links above.

Functional Text, Pengertian dan Contoh

Untuk dapat memahami lebih jauh mengenai apa yang dimaksud dengan teks ini maka kita bisa mempelajari langsung contoh functional text yang sudah disiapkan di bagian atas. Selain beberapa contoh di atas masih ada banyak lagi contoh lain yang bisa kita pelajari. Mudah-mudahan dengan semakin banyak dan semakin sering kita belajar maka kita akan semakin mahir dalam menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan kita.