Bentuk Passive Voice pada Simple Present Tense

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Bentuk Passive Voice pada Simple Present Tense. Kalau dalam bahasa Indonesia kita mengenal penambahan imbuhan di- maka dalam bahasa Inggris kita mengenal bentuk passive voice. Sama dengan dalam bahasa Indonesia, passive voice merupakan kalimat pasif yang kata kerjanya berawalan di-. Sebagai permulaan, pada pelajaran ini kita akan membahas mengenai bentuk passive voice pada simple present tense.

Pengertian Passive Voice (Kalimat Pasif)

Seperti sudah disinggung pada pembukaan di atas, passive voice merupakan bentuk kalimat pasif. Kalimat pasif ini adalah kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan atau dikenai perbuatan. Kalimat tersebut dapat dikenali dengan mudah salah satunya dengan cara mengenali subjeknya, dalam hal ini pada passive voice subjek yang digunakan adalah sebagai penderita.

Selain itu, passive voice atau kalimat pasif juga dapat dikenali dalam hal penggunaan kata kerjanya yaitu kata kerja yang digunakan adalah kata kerja bentuk ke-3 atau past participle. Untuk memahami mengenai pengertian tersebut mari kita lihat sebuah contoh kalimat pasif dalam bahasa Indonesia berikut.
  1. Arman membaca komik sincan (kalimat aktif)
  2. Komik sincan dibaca oleh Arman (kalimat pasif)
Untuk mengetahui lebih jauh mari kita kaji dua kalimat di atas dengan mengenali terlebih dahulu bagian-bagian kalimatnya yaitu sebagai berikut :
  • Subjek: ARMAN
  • Predikat: MEMBACA 
  • Objek: KOMIK SINCAN
Sekarang kita tahu bahwa pada kalimat pertama Arman (sebagai subjek kalimat) melakukan suatu pekerjaan yaitu membaca (predikat/kata kerja) sebuah komik sincan (objek kalimat). Sedangkan pada kalimat kedua subjek (Arman) berpindah posisi menjadi objek menggantikan komik sincan dan sebaliknya komik sincan berubah posisi menjadi subjek pada kalimat kedua tersebut yang merupakan kalimat pasif.

Dalam bahasa Inggris hal tersebut tidaklah berbeda jauh seperti terlihat pada contoh yang akan diberikan berikut ini. Silahkan amati dengan cara seperti pada contoh kalimat sebelumnya.

1) Adul reads an English short story book. (Kalimat aktif)
2) An English short story book is read by Adul. (Kalimat pasif/passive voice)
3) Rita writes a short story.
4) A short story is written by Rita

Kenapa kita menggunakan kalimat pasif seperti ini? Pastinya ada alasan dalam penggunaan kalimat-kalimat tersebut. Penggunaan passive voice ini yaitu bertujuan untuk menekankan pekerjaan yang dilakukan (verb). Dengan menggunakan passive voice tersebut berarti kita menyatakan bahwa pekerjaan tersebutlah yang harus disoroti dan bukan siapa atau apa yang melakukan pekerjaan tersebut. Gambarannya silahkan lihat pada contoh berikut!

My money was stolen

Pada kalimat tersebut isi informasi yang ditekankan atau yang paling penting adalah uang yang dicuri dan tidak penting siapa yang mencurinya karena dapat terlihat pada kalimat tersebut tidak diikuti dengan siapa yang mencurinya.

Contoh Kalimat Passive Voice Simple Present Tense

Sebelum lebih jauh memberikan contoh pada kalimat-kalimat passive voice tersebut maka sebelumnya mari kita lihat rumus-rumus yang kita gunakan. Berikut rumus untuk membuat kalimat pasif dalam simple present tense tersebut.

  1. Subjek + is/am/are + past participle/V3 (kalimat positif)
  2. Subjek + is/am/are + Not + Past Participle (kalimat negative)
  3. is/am/are + Subjek + Past Participle (kalimat tanya)

Setelah mengetahui dan menguasai rumus-rumusnya silahkan langsung cek beberapa contoh di bawah ini agar lebih paham lagi dalam menyusun kalimat-kalimat pasif atau passive voice. Berikut contoh-contohnya.

Aktif
They borrow the tape.
They don't borrow the tape.
Do they borrow the tape?

Pasif
The tape is borrowed by them.
The tape is not borrowed by them.
Is the tape borrowed by them?

Aktif
She repairs this notebook.
She does not repair this notebook.
Does she repair this notebook?

Pasif
This notebook is repaired by her.
This notebook is not repaired by her.
Is the notebook repaired by her?

Pada contoh bentuk passive voice pada simple present tense yang terakhir ini subjek yang digunakan adalah subjek pronoun maka untuk menggantinya menjadi kalimat passive voice kita harus menggunakan object pronoun. Demikianlah sedikit pengenalan mengenai passive voice atau kalimat pasif yang dapat kita pelajari pada kesempatan ini. Silahkan baca juga beberapa materi dasar-dasar bahasa Inggris untuk pemula lain yang sudah disiapkan.