Tips Menulis Surat Lamaran Kerja (Aplication Latter)

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Surat lamaran pekerjaan atau dalam bahasa Inggris disebut aplication letter merupakan surat penting yang harus dipelajari dan kepahami. Surat lamaran tidak dapat ditulis sembarangan tanpa mempertimbangkan formalitas dan kejelasan informasi didalamnya. Pada kesempatan ini saya akan berbagi sedikit tips bagaimana menulis aplication letter yang akan saya lengkapi dengan contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja 

Agar surat lamaran kerja yang kita buat lolos seleksi berkas lamaran dan berfungsi dengan baik maka ada beberapa tips yang dapat dipertimbangkan dalam menulis surat lamarana pekerjaan tersebut. Untuk sobat pemula yang sedang belajar bahasa Inggris silahkan dipelajari beberapa tips menulis lamaran berikut ini:

Gunakan Bahasa Baku
Dalam menulis surat lamaran baik itu bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia hal mutlak yang harus dilakukan adalah menggunakan bahasa baku yang baik dan benar. Dalam keadaan bagaimanapun saya menyarankan agar sobat menghindari penggunaan kata-kata tidak baku dalam penulisan surat lamaran.

Tulis Surat Lamaran Kerja Dengan Komputer
Jika tidak ada pemberitahuan atau permintaan khusus mengenai cara penulisan lamaran maka gunakanlah komputer untuk menulis lamaran pekerjaan anda. Anda boleh menulis tangan surat lamaran yang akan diajukan jika memang surat lamaran yang akan dikirim diminta ditulis tangan.

Struktur Surat Lamaran Kerja
Pastikan bahwa struktur kalimat yang digunakan adalah struktur formal surat lamaran pekerjaan. Perlu diingat bahwa hal ini berkaitan dengan bagian-bagian dan tata letak dari surat lamaran.

Singkat, Padat, Informatif dan Tepat Sasaran
Apapun yang anda tulis dalam surat lamaran yang akan dikirim hendaknya tulis dengan singkat, padat, jelas, informatif dan juga tepat sasaran. Jangan sampai anda menulis sesuatu yang tidak diperlukan.

Jangan Menuliskan Berapa Gaji yang Anda Minta
Untuk mengungkapkan pendangan tentang gaji yang anda inginkan anda mungkin dapat melakukannya saat interview untuk itu saya menyarankan untuk tidak menulis berapa gaji yang anda inginkan dalam surat anda.

Beri Tanda Tangan Pada Surat Lamaran Kerja Anda
Selesai menulis surat jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan anda dalam surat tersebut.

Surat Lamaran Kerja Harus Bersih
Ingat, surat lamaran kerja yang akan dikirim harus benar-benar bersih, rapih, tidak ada coretan atau noda apapun.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan (Aplication Latter) 

Pada uraian ”Tips Menulis Surat Lamaran Kerja (Aplication Latter) - Bahasa Inggris” ini selain yang telah saya sampaikan saya juga akan memberikan contoh aplication letter yang dapat digunakan sebagai bahan acuan dan belajar dalam menyusun lamaran kerja. Silahkan perhatikan contoh berikut agar lebih jelas.

George Gilhooley
XYZ Company
87 Delaware Road
Hatfield, CA 08065

Dear Mr. Gilhooley,

I am writing to apply for the programmer position advertised in the Times Union. As requested, I am enclosing a completed job application, my certification, my resume and three references.

The opportunity presented in this listing is very interesting, and I believe that my strong technical experience and education will make me a very competitive candidate for this position. The key strengths that I possess for success in this position include:
I have successfully designed, developed, and supported live use applications
I strive for continued excellence
I provide exceptional contributions to customer service for all customers

With a BS degree in Computer Programming, I have a full understanding of the full life cycle of a software development project. I also have experience in learning and excelling at new technologies as needed.

Please see my resume for additional information on my experience.
I can be reached anytime via email at john.donaldson@emailexample.com or my cell phone, 909-555-5555.

Thank you for your time and consideration. I look forward to speaking with you about this employment opportunity.

Sincerely,

John Donaldson