Simple Past Tense

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Materi Simple Past Tense dan Contoh - Sudahkah anda menguasai materi mengenai bentuk lampau "Simple Past Tense"? Jika belum mari ikuti penjelasan kali ini. Pembahasan kita kali ini akan mengupas lebih jauh mengenai past tense bahas Inggris tersebut.

Pada materi ini akan dibahas secara lengkap khususnya untuk inti-inti dari bentuk tata bahasa tersebut yaitu mulai dari pengertian, rumus, contoh dan time signal simple past tense tersebut.

Satu persatu akan di bahas secara urut, jadi anda semua yang sedang belajar bahasa Inggris bisa dengan mudah memahami mengenai jenis tenses ini. Tidak ada yang sulit untuk memahami tenses yang satu ini, kita hanya perlu membiasakan diri dengan aturan yang ditetapkan dalam rumusnya.

Kalau sering diulang kan bisa lebih cepat ingat materinya. Meski demikian tetap saja kita harus tahu dari awal sampai akhir agar lebih lancar dalam menggunakan tenses ini.

A. Pengertian simple past tense

Simple past tense adalah suatu bentuk kata kerja sederhana untuk menunjukkan bahwa suatu peristiwa / kejadian yang dilakukan pada masa lampau dan diketahui pula waktu terjadinya peristiwa atau kejadian tersebut. Simple past tense juga dapat digunakan untuk membentuk if conditional tipe 2.

Dari pengertian di atas jelas sekali bahwa kegunaan bentuk tenses ini adalah untuk mengungkapkan kejadian masa lalu yang jelas waktu dan kejadiannya.

Yang tersulit dalam mempelajari simple past tense adalah kenyataan bahwa kita harus menghafalkan kata kerja tak beraturan yang digunakan dalam bentuk lampau. Jika anda ingin lebih mudah dalam mempelajarinya perhatikan beberapa catatan berikut.

Note : 

  1. Untuk memudahkan mempelajari susunan kalimat dalam bentuk lampau hafalkanlah kata-kata tak beraturan (Irregular Verbs)
  2. Verb 1 digunakan pada kalimat menyangkal (-) dan kalimat tanya yang menggunakan kata kerja bantu did
  3. Verb 2 digunakan pada kalimat positive (+) dan kalimat tanya yang tidak menggunakan kata kerja bantu did

Itulah tadi sedikit mengenai inti dari definisi tenses bahasa Inggris yang satu ini. Sekarang kita sudah ingat kembali apakah yang dimaksud dengan past tenses tersebut. Lalu bagaimana selanjutnya, apakah sudah cukup?

Tentu tidak. Di bagian pertama tadi kita baru membahas mengenai pengertiannya saja. Kan kita juga perlu tahu bagaimana menyusun kalimat-kalimat dalam bentuk lampau tersebut. Makanya, kita lanjutkan ke sub pembahasan kedua mengenai rumusnya ya.

B. Rumus simple pas tense

Ada rumusnya yang bisa dijadikan patokan atau pedoman dalam penyusunan kalimat-kalimat lampau ini. Apakah anda sudah tahu rumusnya? Rumus simple past tense terdiri dari 2 rumus yaitu rumus simple past tense (verbal) dan (nominal);

1. Verbal
(+) S + Verb-2 + O + adverb
(- ) S + did + not + Verb-1 + O + adverb
(?) Did + S + Verb-1 + O + adverb ?

Bentu pertama adalah bentuk verbal. Di atas sudah dituliskan langsung rumusnya. Jadi, kita bisa menggunakan rumus tersebut untuk menyusun kalimat-kalimat bentuk lampau dalam tensis ini. Silahkan langsung dicoba. 

2. Nominal
(+) S + tobe-2 (was/ were) + Complement (adjective/ noun (pronoun)/ adverb )
(- ) S + tobe-2 (was/ were) + not + Complement (adjective/ noun (pronoun)/ adverb )
(?) Tobe-2 (was/ were) + S + Complement (adjective/ noun (pronoun)/ adverb ) ?

Yang kedua adalah bentuk nominal. Bentuk ini adalah bentuk yang menggunakan tobe atau kata kerja bantu. Rumusnya sudah bisa diikuti seperti di atas. Namun, perlu diperhatikan juga ada beberapa catatan sebagai berikut.

Note:
Tobe-2 adalah was dan were
tobe-1 adalah is, am, are.


Untuk mempermudah dalam memahami dan mengaplikasikan berbagai kalimat dalam bentuk past tense ini anda bisa menghafalkan rumus tersebut dalam membuat sebuah kalimat. 

Dengan mengacu pada rumus yang diberikan pada materi Tenses bahasa Inggris di atas anda akan lebih mudah dalam membuat atau menggunakan kalimat past tense ini.

C. Contoh simple past tense 

Merasa bingung dengan pengertian dan juga rumus tersebut, tidak perlu cemas, anda bisa mendalaminya dengan mempelajari berbagai contoh yang akan diberikan. Silahkan dipelajari dengan baik beberapa contoh yang sudah disiapkan sebagai berikut.

1. Verbal
(+) The student went to the school yesterday.
(- ) The student did not go to the school yesterday.
(?) Did the student go to the school yesterday?

Artinya;
(+) Siswa itu pergi ke sekolah kemarin
(- ) Siswa itu tidak pergi ke sekolah kemarin
(?) Apakah Siswa itu pergi ke sekolah kemarin?

Dijelaskan sedikit ya. Pada kalimat positif di atas, kata "went" yang dipertebal adalah kata kerja yang dalam bentuk lampau atau yang biasa dikenal dengan sebutan verb2. Selanjutnya, kata "yesterday" merupakan kata tunjuk waktu atau yang sering disebut time signal. Untuk kalimat selanjutnya pun demikian.

2. Nominal
(+) He was a scholar 
(- ) He was not a scholar 
(+) Was He a scholar ?

Artinya;
(+) Dia (laki-laki) adalah seorang sarjana
(- ) Dia (laki-laki) adalah bukan seorang sarjana
(+) Apakah Dia (laki-laki) adalah seorang sarjana?

Note:
Was  : I, He, She, dan It.
Were : You, We, They


Ada kunci mudahnya nih, jika anda masih merasa kesulitan membedakan berbagai kalimat past tense maka anda bisa belajar mengidentifikasi kalimat tersebut menggunakan time signal simple past tense yang ada pada kalimat. Beberapa contoh time signal tersebut sebagai berikut.

Time signal simple past tense
1. Yesterday = kemarin
2. Yesterday morning = kemarin pagi
3. Yesterday afternoon = kemarin siang/ sore
4. Last night = malam lalu
5. Last sunday = hari minggu yang lalu 
6. Two days ago = 2 hari yang lalu
7. A week ago = seminggu yang lalu
8. In 1999 = pada tahun 1999
9. The day before yesterday = hari sebelum kemarin, dst.

Pengertian, Rumus dan Contoh Simple Past Tense
Gambar: Ilustrasi Tenses Bahasa Inggris
Itulah ringkasan atau rangkuman untuk materi simple past tense bahasa Inggris kali ini khusus untuk anda semua yang sedang giat memperdalam kemampuan bahasa Inggrisnya. Jangan sampai lupa, anda bisa mempelajari banyak materi lain di bagian akhir tulisan. Itu saja, semoga bermanfaat.