Cara Mudah Fasih dan Lancar Berbicara Inggris

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Cara Mudah Fasih dan Lancar Berbicara Inggris - Ada banyak sekali tips belajar bahasa Inggris mulai dari tips belajar grammar, mudah belajar conversation, tips menghafal rumus kalimat dan lain sebagainya. Bagi anda yang banyak membutuhkan berbagai tips seperti di atas kali ini akan dibahas secara khusus untuk anda yang sedang belajar bahasa Inggris.

Tips yang akan kita bahas ini adalah mengenai Cara Mudah Fasih dan Lancar Berbicara Inggris, tentunya dengan melatih kebiasaan positif anda akan berhasil.

Bahasa merupakan alat komunikasi yang paling crucial, dan suka atau tidak suka, saat ini Bahasa Inggris sudah sangat mendominasi semua aspek dalam hal komunikasi. Kita bisa melihat hampir semua electronic devices menggunakan Bahasa Inggris; internet, komputer, televisi, radio, dll. 

Sebagian besar Negara-negara di Asia juga menggunakan Bahasa Inggris sebagai ’Medium of Instruction’ ataupun menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua sesudah bahasa nasional mereka. Sebut saja Filipina, Singapura, dan Malaysia. Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi yang paling sering digunakan oleh dunia. English is a global language.

Wajar jika kita harus belajar sungguh-sunggu agar kita mampu ikut berperan dalam laju kehidupan yang semakin cepat ini. Sesuai yang sudah disebutkan di atas silahkan anda coba beberapa Cara Mudah Fasih dan Lancar Berbicara Inggris berikut!

1. Tanamkan rasa percaya diri (Be a self-confident)
Kita harus yakin pasti sukses/ bisa berbicara bahasa inggris, walaupun bahasa inggris itu bukan bahasa kita. Ada sebuah pepatah bahasa inggris mengatakan bahwa "a self confident is a key to get success (percaya diri adalah kunci kesuksesan)'', So be a self-confident, guys !

2. Pelajari ungkapan, kata-kata mutiara atau pepatah (Short expressions/ Proverbs)
Hafalkan ungkapan-ungkapan bahasa inggris seperti ; what can i do? (apa yang dapat saya lakukan?), take it easy (jangan diambil pusing) dll. karena akan mempengaruhi kelancaran speaking skill kita.

3. Analisa apa yang Anda dengar (Analize what you are heared)
Jika sobat mendengar ada orang yang sedang berbicara bahasa inggris analisalah apa yang sedang mereka bicarakan

4. Mempraktekan/ berlatih Berbicara bahasa inggris setiap hari (Practice to speak english everyday)
Ada pepatah dalam bahasa inggris "Practice makes perfect (praktek akan membuat sempurana )" yaialah masa yaiadong, masa ingin fasih dan lancar berbicara bahasa inggris kok tidak pernah dan mau mempraktekannya. walaupun sedikit sobat coba untuk mempraktekannya setiap hari agar terbiasa dan bisa.

5. Ikuti pola pengucapan penutur asli (Follow the native speaker)
agar fasih, sobat harus mengikuti si penutur aslinya (bule), kalau daerah sobat dekat dengan pantai c oba sobat cari bule/ foreigner untuk diajak ngobrol dan dengarkan/ simak baik-baik bagaimana pengucapannya. kalau daerah sobat jauh dari pantai sobat bisa memanfaatkan internet, televisi, kaset dll.

6. Rajinlah Membaca text berbahasa inggris (read the english text)
Ya, sobat harus rajin membaca teks-teks bahasa inggris, jangan yang susah bacaannya, yang dasar saja bacaan bahasa inggrisnya agar mudah di mengerti

7. Lupakan tentang Grammar ! (forget the grammar when you speak)
agar lancar dalam berbicara bahasa inggris sobat lupakan dulu grammar-nya karena kalau berbicara memakai structure/ grammar akan lama (mikir-mikir dulu structure-nya apa), bahasa tulis dan bahasa lisan agak sangat berbeda sob

9. Menulis dalam bahasa inggris setiap hari (write in english text every day)
Ya, hal ini akan mempengaruhi speaking skill kita, jangan menulis yang susah-susah, cukup menulis kegiatan sehari-hari saja (daily activity) dengan bantuan kamus

10. Bersungguh-sungguh (be aserious !)
Entah pepatah atau kata mutiara bahasa arab ''man jadda wa jadda (siapa yang sungguh-sungguh maka dapat lah ia)

11. Jangan putus asa ! (Don't give up !)
Dalam menjalankan usaha anda untuk menguasai bahasa Inggris dengan fasih dan lancar semua tidak akan secepat dan semudah yang anda bayangkan, jangan putus asa! Gunakan Cara Mudah Fasih dan Lancar Berbicara Inggris ini untuk mendobrak semangat anda dalam belajar. Mudah-mudahan anda akan segera mampu bersaing dengan lainnya dalam berbahasa Inggris.