Thank You, M'am - Short Story Cerpen Bahasa Inggris

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
"Thank You, M'am" adalah sebuah cerita pendek bahasa Inggris yang cukup singkat tetapi menarik. Cerita tersebut adalah karya yang bisa kita gunakan sebagai bahan bacaan saat santai di waktu luang. Selain untuk hiburan, teks ini juga cocok untuk bahan belajar.


Untuk bahan belajar itulah kita akan membahas cerita ini. Seperti kita tahu, membaca memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan kemampuan dan pengetahuan. Begitu juga dengan kemampuan berbahasa.

Here is Thank You, M'am, a Short Story by Langston Hughes. This is for our reading materials, hope that this short story by Langston Hughes can give more benefit for our skill.

Kita bisa memperbanyak kosa kata. Kita bisa belajar susunan kata, kalimat dan juga paragraf. Bahkan, kita juga bisa belajar menceritakan sesuatu dengan baik. Banyak manfaat yang bisa didapat dari membaca cerita seperti ini.

Pada kesempatan kali ini kita akan mulai dengan mempelajari beberapa kosa kata pilihan yang ada dalam teks tersebut. Kita sudah membuat daftar kosa kata bahasa Inggris dari teks tersebut. Daftar tersebut sudah dilengkapi dengan artinya sekaligus. Yuk kita pelajari dulu.

large = luas/lebar/besar
purse = dompet
hammer = palu
nails = paku
strap = tali
slung = tersampir
shoulder = pundak
alone = sendiri
snatch = merebut
tug = tarikan
lose = kehilangan
balance = keseimbangan
sidewalk = trotoar
rattled = berdetak
stoop = membungkuk
lie = bohong
dirty = kotor
frightened = ketakutan
behind = dibekalang
to turn me loose = melepaskan aku
popped out = mencul keluar
drag = menyeret
sink = wastafel
jail = penjara
didn’t have to = tidak harus
mouth = mulut
frowned = mengerutkan kening

Kalau kosa kata di atas sudah dipahami semua tentu akan sangat baik. Kalau ada satu dua kata baru tentu bisa dipelajari lebih dalam. Dipahami makna dan artinya dan dipelajari juga bagaimana penggunaannya dalam kalimat.

Mengembangkan kosa kata seperti ini memang lebih mudah jika menggunakan media cerita. Akan lebih mudah diingat. Nantinya, dalam cerita akan ditemui kata baru. Kata tersebut tentu memiliki peran dalam alur ceritanya.

Alur dalam cerita akan memberikan kesan tersendiri pada kata baru yang kita temui. Kesan itu nanti akan mempermudah kita mengingat kosa kata yang ditemui. Hampir saja saat kita mempelajari kosa kata dari lirik lagu. Mantap ya! Ya sudah, kita langsung ke ceritanya dulu ya.



"Eat some more, son," she said. Terdengar sangat keibuan ya. Ya, kan kalau orang tua terutama ibu memang super perhatian kalau masalah makanan. Bahkan meski perut sudah kenyang pun sering kali ibu meminta kita makan lebih banyak.

Untuk memastikan perut kita benar-benar kenyang sih. Bukan untuk lainnya. Penggalan kalimat di atas merupakan cuplikan dari teks cerita di atas. Menarik bukan?

Menarik sekali. Masih ada banyak hal berkesan yang bisa ditemui dengan membaca sebuah cerita pendek bahasa Inggris. Selain untuk belajar, memang bisa dijadikan bahan hiburan di saat-saat senggang. Ya sudah, silahkan dilanjutkan dengan cerita lainnya ya.