Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris (Application Letter)

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Berkaitan dengan ulasan sebelumnya tentang tips menulis application letter, berikut saya akan memberikan contoh sebuah surat lamaran pekerjaan yang di tulis dalam bahasa Inggris sebagai rujukan dalam menulis surat lamaran khususnya yang berbahasa Inggris.

Jika sobat masih bingung bagaimana menulis surat lamaran (application letter) ini silahkan pelajari contohnya dibawah ini. Ada yang sudah siap belajar bersama kita semua?

Surat lamaran yang akan kita buat kali ini adalah surat lamaran yang ditujukan untuk posisi asisten menejer dimana iklan lamaran tersebut telah diterbitkan sebelumnya.

Bagaimana cara menulisnya, silahkan disimak langsung berikut. Tapi sebelum itu, agar informasi ini lebih lengkap jangan lupa baca juga beberapa informasi di bawah ini.

1) Surat lamaran pekerjaan sekretaris bahasa inggris
2) Surat lamaran kerja bahasa inggris accounting
3) Contoh surat lamaran pekerjaan bahasa inggris beserta artinya
4) Contoh surat lamaran kerja accounting
5) Surat lamaran sales

Jadi untuk dapat membuat lamaran pekerjaan yang baik memang kita harus belajar dan mencari tahu apa dan bagaimana dalam membuat atau menulis surat lamaran. Sekarang mari kita langsung ke pembahasan inti seperti di bawah ini.

A. Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Untuk belajar membuat surat lamaran kerja sendiri maka kita harus tahu bagaimana struktur atau bagian-bagian dalam lamaran kerja. Untuk lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris tidaklah berbeda dengan surat lamaran kerja yang menggunakan bahasa Indonesia.

Yang membedakan hanyalah bahasa yang digunakan saja. Surat lamaran ini memiliki struktur penulisan surat resmi yang runut dari mulai awal sampai akhir. Dalam penulisannya terdapat berbagai bagian surat yang harus kita perhatikan. Bagian surat lamaran tersebut selengkapnya di bawah ini.

Bagian pertama adalah bagian informasi tentang kita sebagai pelamar. Pada bagian atas surat lamaran kerja cantumkan nama lengkap dan gelar. Selain itu cantumkan juga alamat lengkap, nomor telpon, HP dan rumah. Jangan lupa di bagian ini cantumkan juga alamat email yang kita miliki. 

Selanjutnya ada bagian yang berisi Tanggal dan Tahun Penulisan Surat Lamaran Kerja. Kemudian diikuti dengan bagian nama pihak yang dituju dan Jabatannya, serta Nama Perusahaan dan alamatnya sekaligus.

Dalam penulisan pihak yang dituju sebaiknya kita menuliskan nama dan alamatnya secara spesifik, hindari menulis surat lamaran yang ditujukan kepada orang yang terlalu umum. 

Selanjutnya kita akan sampai pada bagian salam pembuka, bagian ini ditulis seperti umumnya salam pembuka untuk surat resmi. Setelah itu ada bagian informasi iklan dimana kita akan menuliskan dimana kita menemukan iklan lowongan kerja dan posisi yang diinginkan.

Setelah itu kita tulis bagian perkenalan diri, disinilah kita akan mencantumkan kalimat pertama surat lamaran yang kita buat. 

Kebawah, kita akan sampai pada bagian kemampua dimana kita akan menuliskan kemampuan yang kita miliki, keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang hendak kita lamar. Selanjutnya adalah bagian kesimpulan.

Pada bagian kesimpulan kita sebaiknya mencantumkan kalimat yang menunjukkan keyakinan diri. Contoh kalimatnya misalnya "berdasarkan fakta diatas, Saya sangat yakin bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan dan bisa bekerjasama dengan rekan-rekan yang lain untuk memajukan perusahaan."

Setelah berbagai bagian di atas selesai kita buat maka kita akan masuk ke bagian selanjutnya yaitu bagian penutup. Pada penutup ucapakan terima kasih atas kesediaan mereka membaca surat lamaran kerja yang kita kirim. Kemudian akhiri dengan kalimat, "sincerely yours", kemudian tanda tangan dan nama terang.

Demikianlah tadi struktur atau bagian dari surat lamaran pekerjaan yang harus kita buat. Dalam menulisnya tentu kita akan menggunakan bahasa Inggris karena contoh yang sedang kita bahas kali ini memang lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Kalau kesulitan dalam merangkai kalimat aplication letter tersebut maka kita bisa melihat contoh yang akan diberikan.

B. Contoh Application Letter (Surat Lamaran Pekerjaan)

Di atas kita telah mempelajari berbagai bagian dalam surat lamaran. Kita sudah memiliki gambaran apa saja isi yang ada dalam sebuah surat lamaran dan juga bagaimana cara menulisnya.

Nah, untuk lebih jelas mengenai bagaimana bentuk suratnya maka mari kita pelajari juga contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris yang sudah disiapkan di bawah ini.

Juanggito
09 Sudirman
Jambul, West Kalimantan, CA 75311
0812-555-1234
juanggito@gmail.com

Mandes Handoko
Brontos Company
65 Pegangsaan
South Gindaria, Jakarta, CA 12140

Dear Mr. Andrean
I am writing this letter to apply for a job as an assistant manager at a company that you lead. I feel my education and experience I have is getting fit on this position. I have worked in two foreign companies located in Jakarta and Kalimantan in the category of insurance companies and plantation companies. I am interested to contribute in your company because there is a rapid increase of the company in recent years. With the experience I have, I feel able to get the position and help the company to achieve a higher profit.

In the job description that I have been enclosed, I have worked 3 years in insurance company located in Jakarta and worked for 4 years in the oil mining company located in Kalimantan. In the first company, I reached the peak of my career as a supervisor with oversight of more than 50 employees each day. Whereas, when I was working in Borneo, I reached a position as an assistant manager to take the company to the achievement of the highest shares.

In the ad, this company said that a worker received must have the strong management intelligence. Through experience that I have gained during more than 3 years as a supervisor and an assistant manager, I am sure that I can reach the high intelligence level of organization and management.

I look forward to discuss my qualifications with you. In fact I would make the trip to Jakarta next month if you decide to follow my job interview. In the meantime, I can be contacted on 0812-555-1234.
Thank you for reviewing my job application.

Sincerely,
Juanggito

Sebuah Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris yang dapat saya bagikan kepada sobat semua yang sedang belajar bahasa Inggris atau yang sedang membutuhkan contoh lamaran dalam bahasa Inggris sudah saya sertakan.

Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris (Application Letter)

Contoh-contoh lainnya akan segera menyusul dibahas hanya di blog ini. Semoga referensi tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekarang silahkan dilanjutkan ke beberapa contoh lain yang ada dibagian bawah.