Penggunaan Kata Accept dan Receive

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Penggunaan Kata Accept dan Receive - kali ini akan membahas mengenai penggunaan kata yaitu “kata Accept dan Receive”. Dalam materi ini kita akan belajar bagaimana menggunakan dua kata tersebut secara tepat karena dua kata yang diterjemahkan sama tersebut digunakan dalam situasi yang berbeda.

Jadi diharapkan dengan sedikit penjelasan ringkas mengenai dua kata ini kita bisa lebih tepat dalam menggunakan dua kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya bisa jelas terlihat bagaimana kedua kata tersebut di susun dalam sebuah kalimat. Namun karena kita memang baru belajar maka tidak salah jika kita membahas juga masalah tersebut.

A. Penggunaan Kata Accept dan Receive 

Kata Accept diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yaitu “menerima” namun kata accept dalam bahasa inggris tidak digunakan sama dengan kata receive.

Kata accept digunakan jika kita menerima sesuatu yang berbentuk bukan fisik. Sebagai contoh kita menerima usulan seseorang, tawaran atau cara orang memperlakukan kita.

Berbeda dengan accept, receive kita gunakan saat kita menerima sesuatu yang memiliki bentuk fisik. Sebagai contoh, kita akan menggunakan kata receive jika kita menerima sebuah hadiah, surat, atau kiriman dari seseorang.

Lawan kata dari kata ini adalah refuse atau not receive yang berarti menolak. Bagaimana, sekarang sudah tahu bukan bagaimana perbedaan accept dan receive tersebut? Jadi nanti kan tidak akan terbolak-balik ya.

Kalau sudah paham dengan penggunaannya tentu akan lebih pas lagi jika kita mempelajari berbagai contoh dalam kalimatnya langsung. Yuk dipelajari bersama-sama.

B. Contoh dan Penjelasan Penggunaan Kata Accept dan Receive 

Setelah saya menjelaskan beberapa inti dari penggunaan dua kata ini, sekarang untuk lebih jelas dalam Memahami penggunaannya sobat beginner dapat mempelajari beberapa contoh dibawah ini.

The notion that the sun circles the earth was widely accepted by scientists in the 16th century even though now we know that it is not true.

Arti:
Pemikiran bahwa matahari mengelilingi bumi diterima secara luas oleh para ilmuan pada abad ke 16 walaupun sekarang kita tahu bahwa hal itu tidak benar.

I can accept the way Andy thinks because I know he is still a kid, but I can not accept the way you think. You are an adult.

Arti:
Saya bisa menerima cara berfikir Andy karena saya tahu dia masih anak-anak, tetapi saya tidak dapat menerima cara berfikirmu. Kamu orang dewasa.

Yesterday, Mark received a package form Surabaya. His mother sent him some new clothes. 

Arti:
Kemarin Mark menerima paket dari Surabaya. Ibunya mengirim beberapa pakaian baru untuk dia.

Hi, John. I would like to let you know that I have received your proposal, but I am sorry to let you know that I cannot accept it.

Arti:
Hai, John. Saya ingin memberitahukan bahwa saya telah menerima proposal anda, tetapi mohon maaf saya tidak bisa menerima (mengabulkan = accept) nya.

Dari beberapa contoh di atas, saya berharap sekarang sobat pemula yang baru belajar bahasa Inggris lebih Memahami lagi tentang bagaimana menggunakan kedua kata tersebut yaitu “Accept dan Receive” meski kedua kata tersebut diartikan sama dalam bahasa Indonesia.

Penggunaan Kata Accept dan Receive

Cukup sampai disini ulasan materi English for beginner kali ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan memicu semangat baru bagi sobat yang sedang belajar bahasa Inggris. See you on the next post.