Describing Origins & Nationalities and Professions

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Origins & Nationalities and Professions, adalah salah satu materi bahasa Inggris yang juga harus dikuasai. Materi tersebut akan mengajarkan kita bagaimana menggambarkan atau mendeskripsikan asal seseorang, kewarganegaraan dan juga mengenai profesinya.

Jadi dengan materi ini diharapkan kita nantinya bisa lancar jika berbicara mengenai tiga hal tersebut. Kalau yang sudah paham dan sudah menguasai bisa melihatnya sekilas dan lanjut ke materi - materi lainnya. 

Kalau yang belum silahkan diikuti dengan seksama mulai dari berbagai ekspresi yang digunakan sampai dengan berbagai contoh kalimat atau percakapannya. Yuk langsung kita belajar bersama - sama.

Here we will learn how to describe origins & nationalities and professions. This will be very important since sometimes we also need to ask and answer about someone’s profession, origin, and nationality. Check the explanation about “Describing Origins & Nationalities and Professions” below!

A. Describing origins & nationalities

Pada bagian pertama ini kita akan belajar bagaimana mendeskripsikan mengenai asal dan juga kewarganegaraan seseorang. Jadi, jika kita bertemu dengan orang yang baru dikenal dan ingin tahu asalnya bisa dengan percakapan seperti ini.

Pertama yang perlu kita lakukan adalah mempelajari berbagai ekspresi yang bisa digunakan untuk menjelaskan mengenai asal usul negara seseorang. Yuk langsung dipelajari dibagian bawah ini.

We will directly start with some expressions used to describe describing origins and nationalities. Study these expressions below!

1. He’s from Indonesia. He’s Indonesian.
Dia dari Indonesia. Dia adalah orang Indonesia

2. They’re from China. They’re Chinese.
Mereka dari Cina. Mereka orang Cina.

3. She’s from Japan. She’s Japanese.
Dia dari Jepang. Dia orang Jepang

4. They’re from Saudi Arabia. They’re Arab.
Mereka dari Arab Saudi. Mereka adalah orang arab.

5. He’s from Spain. He’s Spanish.
Dia dari Spanyol. Dia orang Spanyol

6. She’s from England. She’s English.
Dia dari Inggris. Dia adalah orang Inggris.

7. They’re from the USA. They’re American.
Mereka dari USA. Mereka orang Amerika

8. They’re from India. They’re Indian.
Mereka dari India. Mereka orang India.

9. He’s from the Netherlands. He’s Dutch.
Dst...

10. She’s from France. She’s French.
Dst...

Begitu ya. Kurang lebih ekspresi yang bisa digunakan seperti yang ada di atas. Di sana sudah jelas bagaimana kita menunjukkan asal dan kewarganegaraan seseorang. Sekarang kita tinggal belajar bagaimana menggunakan ekspresi tersebut dalam percakapan.

B. Describing Professions

Lalu bagaimana caranya untuk menjelaskan mengenai profesi atau pekerjaan seseorang. Mungkin kita perlu tahu dan perlu belajar bagaimana bertanya dan juga menjelaskan mengenai hal tersebut. Yuk langsung ke materinya.

Do you how to describing professions? If you do not know how to do it, take a look at these expressions below!

1. He’s a teacher.
Dia seorang guru.

2. They’re waiters.
Mereka seorang penulis.

3. She’s a secretary.
Dia seorang sekretaris.

4. They’re policemen.
Dst...

5. They’re nurses.
Dst...

6. She’s a doctor.
Dst...

7. He’s a postman.
Dst...

8. They’re singers.
Dst...

9. He’s a dentist.
Dst...

10. He’s a student.
Dst...

Nah, jadi untuk mengungkapkan atau menjelaskan mengenai profesi tentu kita juga harus tahu macam-macam profesi atau pekerjaan. Kalau kita tidak tahu ya susah. Makanya kita bisa mulai dengan menghafalkan berbagai ekspresi tersebut agar bisa mengungkapkan Origins & Nationalities and Professions dalam bahasa Inggris.

Describing Origins & Nationalities and Professions

Itu saja untuk pembahasan kita kali ini. Lain waktu kita akan membahas berbagai materi lain yang belum dikuasai. Jangan lupa untuk menghafalkan dan mempelajari berbagai percakapan yang sudah disiapkan.

Referensi:
Maria Regina Dyah Pramesti, Wirawan Sigit Pramono, Suhermawan. 2008. English for SMK 1 : Grade X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional