Percakapan Perkenalan Bahasa Inggris, Let Me Introduce Myself

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Contoh Percakapan Perkenalan dalam Bahasa Inggris - Yang paling dasar yang paling pertama biasanya dipelajari adalah cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris. Kita juga akan membahas hal itu yaitu dengan mempelajari contoh percakapan singkat.

 Percakapan atau dialog tersebut tentang bagaimana cara memperkenalkan diri. Selain memperkenalkan siapa diri kita dalam beberapa percakapan berikut kita akan mempelajari apa saja yang ada atau berkaitan dengan proses perkenalan antara dua orang. 

Pertama, kita akan mempelajari inti materi yaitu cara perkenalan. Dalam hal ini kita akan mempelajari cara menyebutkan nama kita dalam sebuah dialog atau ketika kita berkenalan dengan seseorang.

Biasanya kalau menggunakan bahasa Indonesia kita menggunakan kalimat "nama saya..." atau "saya....". Nah, lalu bagaimana jika perkenalan tersebut menggunakan bahasa Inggris, apakah sama atau tidak? Hal itulah yang akan kita bahas lebih lanjut. 

Selain itu kita juga akan mempelajari mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan perkenalan misalnya mengucapkan salam, dan juga menanyakan kabar. Beberapa hal ini penting untuk kita pahami terlebih dahulu agar kita bisa lebih mudah dalam berkomunikasi dengan orang yang belum dan baru akan kita kenal.

Dalam percakapan tersebut kita akan langsung mempelajari contoh ekspresi yang digunakan, jadi diharapkan bisa langsung kita gunakan dalam percakapan sehari-hari. Selengkapnya mari kita baca langsung di bawah ini.

Short English Conversation - Let Me Introduce Myself. In your daily life you often meet new people and you need to introduce yourself to them or possibly introduce your friends to others. You may also need to respond to others who introduce themselves to you.

Do you know how to do them very well? When you meet others you usually greet them, ask them how they are, say goodbye, etc. Do you know how to do them?

Here are some short English conversations (percakapan Bahasa Inggris singkat) about “Let Me Introduce Myself” which will teach you how to introducing yourself. These short conversations are taken from Interlanguage: English for Senior High School Students X: SMA/MA Kelas XI.

English Conversation 1: Introducing Yourself
(Cara memperkenalkan diri kepada orang lain)

Bagian pertama ini merupakan percakapan antara dua orang yang belum saling kenal yaitu Denias dan Andi. Mereka berdua bertemu dan saling memperkenalkan diri satu sama lain. Bagaimanakah cara mereka berkenalan, mari kita pelajari percakapan mereka di bawah ini.

Percakapan

Andi :
Good morning. My name is Andi.

Denias :
Good morning Andi. I’m Denias.

Andi :
Denias, this is Adib. We were classmates the Junior High School.

Denias :
Hi, Adib. How do you do?

Adib :
How do you do.

Andi :
By the way, did you join basketball extracurricular activity in the Junior High School?

Denias :
Yes, I did.

Andi :
Oh, that’s great. Adib and I have never joined it before.

Adib :
We hope you can help us.

Denias :
Sure.

Andi :
Okay, see you this afternoon.

Adib :
See you Denias.

Denias :
See you.

English Conversation 2: Greeting
(Bagaimana cara mengucapkan salam)

Kadang kala kita berkenalan dengan orang lain karena hal-hal atau kejadian tertentu, misalnya saja pertama kita menanyakan sesuatu kepada orang lain, lalu berkenalan. Percakapan di bawah ini juga bisa dipelajari untuk tahu bagaimana mengucapkan salam kepada orang lain dan mungkin bisa dilanjutkan dengan perkenalan. 

Percakapan

Ayu :
Good morning.

Andi : 
Good morning.

Ayu : 
Do you know when the concert starts?

Andi : 
It starts at 9 a.m. today.

Ayu : 
I see. Thanks for telling.

Andi : 
You’re welcome.

English Conversation 3: Asking How are you
(Menanyakan bagaimana kabarmu)

Yang terakhir ini hanya sebagai tambahan saja, karena percakapan berikut dilakukan oleh dua orang yang sudah saling mengenal satu sama lain. Bisa juga diterapkan ketika kita bertemu dengan orang yang baru kita kenal sebelumnya. Selengkapnya sebagai berikut!

Percakapan

Virga :
How are you, Den?

Denias : 
I’m fine, thanks.

Virga : 
Well, you look different today.

Denias : 
Really? How do I look?

Virga : 
You look great.

Denias : 
Thanks. You do too.

Percakapan Perkenalan Bahasa Inggris, Let Me Introduce Myself

Demikianlah tadi beberapa percakapan perkenalan bahasa Inggris yang bisa kita pelajari dan kita diguanakan dalam kehidupan sehari-hari. Silahkan pelajari, cari dan pahami arti percakapan tersebut dan coba hafalkan untuk menambah perbendaharaan kata yang kita miliki. 

Referensi
PRIYANA, Joko dkk. 2008 BSE. Interlanguage: English for Senior High School Students X: SMA/MA Kelas XI Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional