Word, Phrase, Clause and Sentence: Pengertian, Contoh dan Terjemahannya

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Word, Phrase, Clause and Sentence: Pengertian, Contoh dan Terjemahannya - belajar bahasa Inggris tidak hanya untuk berbicara saja. Kemampuan berbahasa Inggris itu ada dunia yaitu kemampuan berbicara dan kemampuan menulis.


Keduanya sama-sama penting dan sangat dibutuhkan dalam dunia kita sekarang ini. Kemampuan berbicara tentu saja digunakan untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Kemampuan menulis akan berhubungan dengan pemahaman teks atau tulisan yang menggunakan bahasa tersebut.

Ada yang pandai dan lancar hanya di speaking. Ada yang lebih menguasai reading. Ada juga yang mampu lancar dua-duanya. Setidaknya kita harus bisa memiliki dasar untuk kemampuan tersebut.

Untuk alasan itu maka kita akan belajar bersama - sama untuk meningkatkan kemampuan kita dalam berbahasa Inggris. Kali ini, kita akan belajar mengenai kata, klausa, frasa dan juga kalimat.

We have to know and understand well about word, phrase, clause and sentence to be able to write, speak and listen in a good way. By understanding the term we will easily connect a word into a phrase, clause into sentence and so forth. So, here is the explanation about word, phrase, clause and sentence. Hope that it will be useful.

A. Word

Kita akan mulai dari mengenai kata. Ya, "word" artinya kata. Dari pengertiannya ya. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan "word" ini? Untuk dapat memahaminya maka kita perlu tahu definisi atau pengertian dari hal tersebut.

The words are the smallest unit of a language that can stand alone, they are the easiest constituents of a text to identify.

Dari petikan kalimat di atas kita bisa tahu bahwa definisi kata adalah bagian terkecil sebuah bahasa yang bisa berdiri sendiri. Kata adalah bagian termudah yang bisa dikenali dalam sebuah kalimat.

Kalau melihat definisi di atas maka ada dua hal penting yang bisa dipahami. Pertama, kata adalah bagian terkecil dalam sebuah kalimat. Kedua, kata bisa berdiri sendiri. Artinya merupakan bagian terkecil yang tetap mempunya arti meski tidak berdampingan dengan bagian lain. 

"Officials had said that Indonesia can play an active role in the peace of the world."

Sentences and words most easily recognizable. This example is a sentence that is relatively independent and have a final intonation. The sentence consists of 12 words that are recognized as units are separated by a space .

Di atas adalah sebuah contoh yang bisa dipelajari untuk mengenal lebih jauh mengenai "word" ini. Pada contoh di atas ada sebuah kalimat lengkap yang terdiri dari berbagai kata penyusunnya. Coba perhatikan penjelasannya lebih lanjut.

B. Phrase

Setelah mengetahui mengenai "word" sekarang kita pelajari mengenai frasa. Ya, kata "phrase" artinya frasa kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Lalu, pengertian atau definisinya seperti apa sih? Mari perhatikan penjelasan berikut.

The phrase is a combination of two or more words or groups of words or a collection of words that may have nouns or verbals, but it does not have a subject doing a verb.

Jadi, phrase (frasa) adalah sekumpulan kata yang mungkin memiliki kata benda atau kata kerja tetapi tidak memiliki subjek. Nah, frasa ini memiliki arti sendiri tetapi bukan merupakan kalimat lengkap dan bisa terdiri dari dua atau lebih kata.

Frasa sendiri terdiri dari beberapa tipe atau jenis. Mungkin dalam bahasa Indonesia kita pernah mendengar mengenai frasa - frasa ini. Berbagai jenis frasa tersebut yaitu sebagai berikut.
  1. Adjective Phrase
  2. Adverb Phrase
  3. Noun Phrase
  4. Prepositional Phrase
  5. Verb Phrase

Itu tadi mengenai jenis - jenis frasa atau macam-macam frasa yang ada. Bisa dilihat, ada adjektif, adverb, verb dan seterusnya. 

Lalu bagaimana dengan contohnya? Tentu kita akan bingung kalau tidak ada contohnya bukan? Supaya lebih paham mengenai frasa berikut sudah disiapkan beberapa contoh yang bisa dipelajari. 

Examples
  • leaving behind the dog
  • smashing into a fence
  • before the first test
  • after the devastation
  • between ignorance and intelligence
  • broken into thousands of pieces
  • because of her glittering smile
Itu tadi beberapa contoh phrase yang bisa kita pelajari bersama. Silahkan diterjemahkan satu persatu baik itu dari masing-masing kata penyusunannya atau pun arti frasa secara keseluruhan. 

C. Clause 

The clause is a grammatical unit in the form of the word, at least consist of a subject and predicate and the potential sentence. A clause is a collection of words that has a subject that is actively doing a verb. The following are examples of clauses:
  1. since she laughs at diffident men
  2. I despise individuals of low character
  3. when the saints go marching in
  4. Obediah Simpson is uglier than a rabid raccoon
  5. because she smiled at him.

D. Sentence

The sentence is a unit of language that is relatively self-contained, having final intonation patterns, and actual or potential consists of clauses. The meaning of the term sentence may be expanded to include elliptical material and nonproductive items.

Examples:
After lunch. (in reply to When do you start?)
Yes.
Hello.

Another Examples
  1. I am reading a book.
  2. Some students like to study in the mornings.
  3. Juan and Arturo play football every afternoon.
  4. Alicia goes to the library and studies every day.
Untuk memahami secara menyeluruh sebuah bahan bacaan tentu saja kita harus memahami terlebih dahulu arti dan makna setiap bagian-bagian kecil teks bahan bacaan tersebut. Dalam memahami sebuah teks kita harus memahami masing-masing paragraf penyusunnya.

Untuk memahami dengan baik sebuah paragraf tentu kita harus bisa memahami setiap kalimat yang ada dalam paragraf tersebut. Demikian seterusnya sampai bagian terkecilnya sekalipun.

Mudah-mudahan dengan pembahasan ringkas ini kita bisa lebih paham dan menguasai mengenai bagian-bagian sebuah kalimat. Semoga kita bisa menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Sampai disini, salam!

References:
Aggslanguage
Prismnet
Bahasakita
web.cn.edu
Sil.org