Relative Pronouns

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Pengertian dan Fungsi Relative Pronouns - Berikut ini kita akan mempelajari salah satu kata part of speech yaitu Relative Pronouns. Yang akan di bahas di sini adalah mengenai pengertian, fungsi dan juga beberapa contoh penggunaan dalam berbagai kalimat. Ingin tahu lebih mengenai materi bahasa Inggris tersebut?

Pertama, sebelum melangkah ke uraian yang lebih jauh kita akan pelajari terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan pronoun yang satu ini. Untuk anda ketahui, relative pronouns adalah kata ganti yang menunjuk pada kata benda yang mendahuluinya (antecedent).

Kata ganti tersebut berfungsi sebagai penghubung dalam kalimat. Relative pronouns biasa diletakkan di awal dependent clause atau anak kalimat yang menerangkan atau memberikan informasi tambahan kepada independent clause ataumain clause.

Jadi secara sederhana dapat kita katakan bahwa relative pronouns ini adalah sebuah kata ganti yang memiliki fungsi sebagai penghubung dalam suatu kalimat. Lalu apa sajakah yang termasuk ke dalamnya. Kata ganti yang digunakan tersebut adalah:

1. who,
2. whom,
3. whose,
4. which, dan
5. that.

Setelah melihat bentuk kata di atas pasti sekarang meski sedikit anda sudah mendapatkan gambaran mengenai hal ini. Sekarang kita lihat beberapa contoh berikut:
  1. The man who is sitting in the corner is my friend.(Laki-laki yang sedang duduk disudut pojok adalah teman ku)
  2. The boy whom we visited is her boyfriend. (laki-laki yang kita kunjungi adalah pacarnya)
  3. The girl whose car was sold will go to study abroad. (Cewek yang mobilnya dijual akan pergi belajar ke luar negeri)
  4. The filing cabinet, which we purchase last week, is very well built.
  5. The book that describes about behaviour of animal is expensive.
Dari contoh di atas dapat secara jelas kita ketahui bahwa kata who, whom, whose, which, dan that menunjuk pada kata benda sebelumnya (the man, the boy, the girl, the filling cabinet, the book). Baca juga materi tentang: Pengertian modal auxiliaries arti contoh

Selanjutnya, nouns (kata benda) atau pronouns (kata ganti) seperti the man, the boy, the girl, the filling cabinet, dan the book disebut dengan istilah antecedent. Perhatikan beberapa kalimat di bawah ini.
- Voters whose names begin with the letters M to Z should go to Room 2.
- That photo is a reminder of someone who was very important to me.
- Hands up everyone who would like a drink.
- A mole is an animal that lives underground.
- He was accused of being drunk in charge of a vehicle, which is a serious offence.

Sedangkan untuk menunjuk pada orang, gunakan relative pronouns: who, whom, whose dan that, perhatikan penggalan kalimat berikut!
  • he man who spoke
  • the man that spoke (meskipun pemakaian that juga benar, who lebih disarankan sebagai subject pronoun)
  • the man that I saw
  • the man whom I saw (meskipun pemakaian whom juga benar, that lebih disarankan sebagai object pronoun)
Untuk menunjuk pada benda lainnya atau hewan, gunakan relative pronouns: which, that dan whose. Silahkan lihat beberapa contohnya di bawah ini.

- the cat which was sitting on the mat
- the cat that was sitting on the mat
- the book whose cover was torn
- a book to which I often refer

Ketika menunjuk pada sesuatu benda, of which bisa dipakai untuk menggantikan whose.
- a book the cover of which was torn

Perluasan relative pronouns dengan kata ganti seperti whoever, whomever, whatever dikenal sebagai indefinite relative pronouns (relative pronouns tanpa antecedent). Silahkan lihat contoh dalam kalimat di bawah ini.

- The boy will tease whomever he likes.
- She said whatever came to mind.
- Let in whoever comes to me.

Kata what juga dapat digunakan sebagai indefinite relative pronouns, contoh:
- I will tell you what you need to know.
- I know what I like.

Setelah kita bahas secara mendalam mengenai Relative Pronouns - Pengertian dan Fungsinya di atas sekarang kita akan lihat beberapa catatan penting yang berkaitan dengan Relative Pronouns ini.

Perlu anda ketahui bahwa "Who" disebut sebagai subject pronoun dan "whom" sebagai object pronoun. Hal ini bisa dibandingkan dengan he dan him, they dan them, dsb. Untuk lebih jelasnya pelajari dua kalimat berikut:

- the man who was there (bandingkan ‘he was there’)
- the man whom I saw (bandingkan ‘I saw him’)

Selanjutnya, kata "whom" lebih sering digunakan dalam bahasa Inggris formal. Dalam penggunaannya sehari-hari, baik dalam bentuk percakapan maupun tulisan, whom biasanya diganti dengan who.

- the man who I saw
- the man who you were speaking to

"Whom" tidak bisa digantikan oleh who bila sebelumnya didahului oleh preposition.
- the man to whom you were speaking
- They elected Smith chairman, than whom there could have been no better choice.
Biasanya bentuk preposition + whom ini dipakai dalam bahasa Inggris formal.

Indefinite relative pronouns memiliki sifat yang terdapat pada relative pronouns maupun indefinite pronouns. Jenis pronouns ini seperti menunjuk pada suatu kata benda, tetapi orang atau benda yang dimaksud tidak disebutkan dengan jelas.


Itulah sedikit pembahasan kita mengenai Relative Pronouns - Pengertian dan Fungsinya, mudah-mudahan dengan anda mempelajari dan memahami penjelasan dan berbagai contoh Relative Pronouns di atas anda bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda lebih baik lagi. Trims