Soal Cerita Bahasa Inggris True or False

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Contoh Soal Cerita Bahasa Inggris True or False - belajar lagi ya. Hari ini kami akan mengajak rekan pelajar semua untuk mengerjakan soal cerita. Pada latihan kali ini akan diberikan sebuah teks bacaan dalam bahasa Inggris yang tidak terlalu panjang.

Teks atau bahan bacaan tersebut harus dibaca terlebih dahulu. Setelah selesai membaca teks yang disiapkan silahkan adik-adik dan rekan pelajar semua menjawab pertanyaan yang disediakan. 

Untuk teks pada latihan kali ini terdiri dari 3 paragraf. Jadi cukup singkat dan bisa cepat selesai dibaca. Bukan hanya cepat ya, tetapi harus dipahami dengan baik. Kalau tidak paham dengan isi bacaan tersebut nanti tidak bisa menjawab soalnya.

Latihan soal bahasa Inggris kita kali ini termasuk sudah agak lumayan. Yaitu mungkin lebih cocok untuk rekan pelajar yang sudah SMA. Tapi untuk adik-adik smp juga bisa dicoba. 

Kira-kria susah tidak ya? Tergantung pemahaman kita terhadap teks tersebut. Mungkin ada yang mengganggap sulit tapi mungkin banyak juga yang bisa dengan mudah mengerjakannya. Seperti apa, mari kita kerjakan langsung latihan soal cerita kali ini.

Bacalah teks berikut ini!

The Social Fund for Development (SFD)
The Social Fund for Development (SFD) was established by a Presidential Decree in 1990, in collaboration with the World Bank and UNDP, the European Union and three Arab Funds, mainly to mobilize national and international resources to be used for human development. SFD could secure US$ 1,550 million donations and soft loans. It facilitates and supports the economic reform program and mitigates its adverse effects on vulnerable and low income population groups. It helps to mitigate poverty and reduce unemployment by providing new job opportunities through financing small enterprises and by offering donations for community development and infrastructure works.

SFD addresses structural social problems through further employment creation and income generation and through stimulation of institutional relations which would strengthen civil society and provide increased social awareness. One of the SFD's mandate is to activate local NGOs and build their capacities. It also helped make poverty alleviation a main priority in the national development strategy. SFD, contrary to some concepts, is not a poverty program. It covers three national priorities; poverty, economic development, and employment.

ERSAP was successful in economically moving the country forward. Economic growth was considered the most important engine to create job opportunities and generate resources to alleviate poverty. However, the social sector has not been exposed to the same level of efforts. There is still a need to focus on social development as high national priority by holding a national conference on social development in Egypt, through various tested mechanism, that made the World Bank and the European Union rank it as the best social fund among 55 social funds in the world. 

A. Answer the following questions.
1) What does SFD stand for?
2) What is SFD used for?
3) How did the government provide new job opportunities?
4) What are three main priorities of SFD?
5) Who fund SFD?

B. Write True or False

1) SFD is to mobilize national and international resources for human development.
2) SFD helps to increase the low income of population groups.
3) SFD reduces the poverty and unemployment.
4) SFD ignores the social problems.
5) SFD doesn't get involved in employment creation and income generation.
6) The main priority in national development strategy is poverty alleviation.
7) SFD just focuses on a poverty program.
8) World Bank is the most important role for SFD. 

Bagaimana, bisa dikerjakan semua? Pasti bisa dong. Kan rekan semua termasuk rajin belajar jadi tidak akan kesulitan mengerjakan 13 soal bahasa Inggris di atas. Apalagi teks bacaan yang diberikan juga tidak terlalu panjang.

Untuk yang mengalami sedikit kendala mari kita bahas sedikit mengenai soal di atas. Pertama untuk soal essai-nya. Soal nomor satu ada yang sudah tahu artinya? Apa kira-kira yang diminta dalam soal tersebut?

Benar sekali. Inti pertanyaan pada soal nomor satu adalah kata "stand for". Kalau diartikan perkata maka "stand" artinya berdiri dan "for" artinya untuk. Tapi, dalam pertanyaan itu artinya adalah "kepanjangannya"

Jadi, kalau diartikan, pertanyaan nomor satu adalah "apa kepanjangan dari SFD? Bagaimana, tahu jawabannya bukan? Silahkan cari jawabannya di teks yang sudah adik-adik baca.

Begitu ya kira-kira dalam mengerjakan latihan di atas. Bisa dengan mudah kalau kita tahu inti pertanyaan yang ada pada soal. Sementara itu saja dulu yang dibahas. Lain waktu kita bahas satu-satu agar lebih paham.


Soal Cerita True or False

Yang selanjutnya silahkan rekan pelajari sendiri di rumah ya. Silahkan gunakan bantuan kamus atau buku catatan. Ya, intinya sih kalau sudah tahu arti, makna dan apa yang diminta dalam soal pasti akan lebih mudah menemukan jawaban yang benar.

Tidak apa-apa, namanya juga latihan. Belajar ya dari yang tidak tahu menjadi tahu, benar tidak? Pokoknya tetap semangat. Silahkan dikerjakan lagi. Setelah itu silahkan lanjutkan dengan soal cerita  bahasa Inggris lain yang disiapkan dibagian bawah.