Contoh Percakapan Perkenalan Diri (Introduction)

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Percakapan memperkenalkan diri (Introduction). Hari ini kita akan belajar bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris. Tentu saja, belajar perkenalan diri ini kita akan menggunakan contoh percakapan yang mana percakapan atau dialog tersebut tentang perkenalan atau introduction.


Sebelumnya sudah ada beberapa contoh yang kita bahas mengenai tema ini. Namun agar lebih lengkap dan agar lebih bervariasi maka tidak apa-apa jika kita tambah lagi contohnya. Ingin tahu dan ingin belajar cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris, simak selengkapnya berikut!

English Conversation about Introducing Myself - In your daily life you often meet new people and you need to introduce yourself to them or possibly introduce your friends to others. You may also need to respond to others who introduce themselves to you. 

Do you know how to do them very well? When you meet others you usually greet them, ask them how they are, say goodbye, etc. Do you know how to do them?

Here are some short English conversations (percakapan Bahasa Inggris singkat) about “Let Me Introduce Myself” which will teach you how to introducing yourself. These short conversations are taken from PRIYANA, Joko dkk. 2008 BSE. Interlanguage: English for Senior High School Students X: SMA/MA Kelas XI Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.


A. Conversation 1: Introducing Yourself

Yang namanya perkenalan itu ada beberapa hal ya. Yang pertama adalah memperkenalkan diri atau memperkenalkan siapa kita. Kalau dalam bahasa kita misalnya "halo, nama saya Budi". Itu sebagai contoh dalam bahasa Indonesia.

Pada bagian pertama ini kita belajar dulu bagaimana memperkenalkan siapa kita. Kalimatnya seperti apa? Balasannya kira-kira bagaimana ya? Kemudian apa saja yang akan dibicarakan, mari kita pelajari contohnya berikut.

Andi :
Good morning. My name is Andi. (Selamat pagi. Nama saya Andi)

Denias :
Good morning Andi. I’m Denias. (Selamat pagi. Saya Denias)

Andi :
Denias, this is Adib. We were classmates the Junior High School.
(Denias, ini Adib. Kita teman sekelas di SMP)

Denias :
Hi, Adib. How do you do? (Hai Adib. Senang berkenalan denganmu)

Adib :
How do you do. (Senang berkenalan denganmu)

Andi :
By the way, did you join basketball extracurricular activity in the Junior High School?
(Omong-omong, apa kamu ikut ekskul basket di SMP?)

Denias :
Yes, I did. (Ya, saya ikut)

Andi :
Oh, that’s great. Adib and I have never joined it before.
(Oh, itu keren. Adib dan saya belum pernah ikut sebelumnya)

Adib :
We hope you can help us.
(Kami harap kamu bisa membantu kami)

Denias :
Sure. (Tentu)

Andi :
Okay, see you this afternoon. (Oke, sampai jumpa nanti sore)

Adib :
See you Denias. (Sampai jumpa Denias)

Denias :
See you. (Sampai jumpa)

Bagaimana, sederhana dan mudah bukan? Ya, sebenarnya memperkenalkan diri atau perkenalan itu tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Bahkan dalam bahasa Inggris sekalipun. Biasanya kita hanya takut bayangan saja.

Sebenarnya berkenalan dalam bahasa asing juga sama mudahnya dengan menggunakan bahasa sehari-hari kita. Intinya ya tidak jauh dari memberitahukan kepada orang lain siapa diri kita. Misalnya mulai dari nama terlebih dahulu.

B. English Conversation 2: Greeting

Perkenalan biasanya juga akan segera diikuti dengan percakapan lain yang masih berhubungan dengan nuansa perkenalan itu sendiri. Misalnya berbincang mengenai hobi atau kegemaran. Atau mengenai kegiatan yang akan dilakukan.

Nah, dalam sebuah perkenalan juga perlu diperhatikan bagaimana cara bertegur sapa yang sopan. Salah satunya dengan mengucapkan salam sesuai dengan situasi dan kondisinya. Berikut ini salah satu contoh dialog yang bisa dipelajari.

Ayu :
Good morning.

Andi :
Good morning.

Ayu :
Do you know when the concert starts?

Andi :
It starts at 9 a.m. today.

Ayu :
I see. Thanks for telling.

Andi :
You’re welcome.

Percakapan akan terasa lebih dekat dan akrab jika diawali dengan tegur sapa yang baik. Makanya, jangan sampai salah mengucapkan salam ya. Penting loh, apalagi dengan orang yang baru kita kenal belum lama.

C. Conversation 3: Asking How are you

Selanjutnya, masih berkaitan dengan perkenalan, kita juga harus tahu bagaimana cara untuk menanyakan kabar dengan baik dan sopan. Misalnya, kita baru kenal seseorang dan keesokan harinya kita bertemu lagi. Tentu kita harus bertegur sapa bukan?

Salah satunya, percapakan bisa dimulai dengan menanyakan kabar. Menanyakan kabar akan memberikan kesan sopan dan lebih dekat. Hal ini juga menunjukkan kepedulian kita terhadap orang atau teman yang baru dikenal. Contohnya seperti apa, mari pelajari berikut.

Virga :
How are you, Den?

Denias :
I’m fine, thanks.

Virga :
Well, you look different today.

Denias :
Really? How do I look?

Virga :
You look great.

Denias :
Thanks. You do too.

Nah, itulah tadi pembahasan ringkas kita mengenai perkenalan dalam bahasa Inggris. Kami sangat berharap beberapa percakapan di atas bisa menjadi bahan belajar yang membantu kita menguasai bahasa Inggris dengan baik.

Dengan mempelajari contoh di atas mudah-mudahan percakapan kita bisa lebih lancar dan lebih bermakna lagi. Untuk hari ini itu saja dulu. Lain waktu kita sambung lagi dengan berbagai contoh lainnya.

Referensi:
PRIYANA, Joko dkk. 2008 BSE. Interlanguage: English for Senior High School Students X: SMA/MA Kelas XI Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional