Pengertian dan Contoh Pronoun (Kata Ganti)

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Belajar pronoun yuk. Sudah tahu kan pronoun itu apa? Benar sekali, pronoun kalau dalam bahasa Indonesia adalah kata ganti. Nah, kali ini kita akan mempelajari lagi apa yang sudah dijelaskan oleh bapak dan ibu guru di sekolah.

Kita akan mengulas kembali materi yang sudah diajarkan. Kita baca dan kita pahami lagi apa yang dimaksud dengan pronoun ini. Kita akan mulai dari definisi pronoun. Setelah itu kita akan lanjutkan dengan membahas berbagai contohnya sekalian.

Seperti juga dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris kita juga mengenal berbagai jenis kata ganti atau yang juga disebut pronoun. Penjelasan ini akan memperdalam materi mengenai kata ganti dalam bahasa Inggris mulai dari pengertiannya sampai dengan contoh-contohnya.

A. Pengertian Pronoun

Kata ganti atau pronoun adalah kata-kata yang digunakan untuk menggantikan orang atau benda. Ada 4 jenis kata ganti dalam Bahasa Inggris. Kata ganti itu adalah, personal pronoun as subject, personal pronoun as object, possessive adjective, dan possessive pronoun.

Subject pronoun adalah kata ganti yang berfungsi sebagai subject. I, you, we, they, he, dan she digunakan untuk mengganti orang. Selain itu, “they ” juga digunakan untuk menggantikan kata benda jamak. He dan she juga dapat digunakan untuk menggantikan hewan, khususnya hewan peliharaan.

Dan khusus untuk “she ‘ juga dapat digunakan untuk menggantikan kapal laut. “It” untuk menggantikan benda mati dan tumbuhan tunggal. He, she dan it adalah subyek tunggal (orang ketiga tunggal) yang selalu diikuti oleh kata kerja tunggal.

Object pronoun adalah kata ganti yang berfungsi sebagai object dan diletakkan setelah verb.

Possessive adjectives adalah kata sifat atau adjektiva yang menyatakan kepemilikan atas suatu benda. Kata yang digunakan adalah my, your, our, their, his, her, its. Possessive adjective diletakkan di depan kata benda, misalnya: my book, your friend, our family, their house, his friend, her hair, its tail, etc.

Possessive pronouns adalah kata ganti yang menunjukkan kepemilikan atas suatu benda. Kata-kata yang biasa digunakan adalah mine, yours, his, hers, ours, theirs.

B. Contoh Pronoun

Setelah beberapa hal yang dijelaskan di atas, tiba giliran kita untuk mempelajari contoh-contoh dari berbagai pronoun yang sudah diulas di atas. Dengan contoh-contoh penggunaan pronoun (kata ganti) berikut kita akan lebih mengetahui apa itu pronoun dan bagaimana cara menyusun dan menggunakannya dalam kalimat.

Pada umumnya kata ganti subyek diletakkan di awal kalimat (sebelum kata kerja).

I go to school
He is my brother
She likes writing a poem
You have to buy a good English dictionary
We planted a rose plant last month
Yayuk gave me a piece of cake
Yayuk gave you a piece of cake, too
Yeyes did not give him a piece of cake
I like her
Do you like your new bicycle?
Kartono helped us clean the house
My book is new
Your friend is studying now
Their house will be sold
Our family is very friendly
His friend lives in Jogjakarta
Her hair long and curly
I have a cat; its tail is very long
This new car is mine
My hair is long. Yours is short
This ball is theirs
Their book is red, ours is blue
The house on Mangga Street is his
The expensive watch is hers

Sedikit informasi mengenai Pengertian dan Contoh Kata Ganti (Pronoun) diatas semoga dapat menambah pengetahuan dasar kita mengenai bahasa Inggris. Materi lain untuk English for beginner akan terus disajikan di blog ini. Pastikan sobat berkunjung lagi esok.


Setelah mempelajari ringkasan materi di atas jangan lupa juga untuk menjajal kemampuan mengenai materi ini. Silahkan belajar dengan soal dan jawaban materi ini untuk mengukur kemampuan. Ada beberapa latihan yang sudah disiapkan. Cek saja dibagian bawah ya.