Mengenal dan Memahami English Alphabet

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Mengenal dan Memahami English Alphabet. Untuk seorang pemula, mengenal dan memahami English alphabet (huruf bahasa Inggris) merupakan hal dasar yang sangat penting untuk dilakukan. Jika dibandingkan dengan bahasa Indonesia, English alphabet memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi karena perbedaan penulisan dan pengucapannya, karena itulah untuk pemula akan lebih baik untuk mempelajarinya terlebih dahulu.

English alphabet terdiri dari 26 huruf yang dibagi menjadi dua jenis yaitu huruf vocal dan konsonan. Huruf vocal atau dalam bahasa Inggris disebut vowel terdiri dari lima huruf yaitu: a, i, u, e, dan o. Sedangkan huruf konsonan adalah dua puluh satu huruf lain yang terdapat dalam alphabet. Huruf-huruf english alphabet tersebut yaitu sebagai berikut:
  1. Aa [ei] 
  2. Bb [bi:]
  3. Cc [si:] 
  4. Dd [di:]
  5. Ee [i:]
  6. Ff [ef] 
  7. Gg [dʒi:] 
  8. Hh [eitʃ] 
  9. Ii [ai] 
  10. Jj [dʒei] 
  11. Kk [kei] 
  12. Ll [el] 
  13. Mm [em] 
  14. Nn [en] 
  15. Oo [o] 
  16. Pp [pi:] 
  17. Qq [kju:] 
  18. Rr [a:/ar]
  19. Ss [es]
  20. Tt [ti:]
  21. Uu [ju:]
  22. Vv [vi:]
  23. Ww [‘dʌəlju:]
  24. Xx [eks]
  25. Yy [wai]
  26. Zz [zed/zi:]

Sebelum belajar bahasa Inggris lebih jauh lagi ada baiknya sobat semua mulai menghafalkan dan belajar melafalkan atau mengucapkan berbagai huruf tersebut. Apabila sudah lumayan dalam pelafalan kemudian selanjutnya kita dapat meningkat ke level yang lebih tinggi yaitu mulai belajar mengeja kata demi kata dalam bahasa Inggris. Untuk latihan silahkan cari kata-kata yang mudah untuk dihafal dan diucapkan seperti pada contoh berikut.

  • Umbrella : [ju:] [em] [bi:] [a:/ar] [i:] [el] [el] [ei]
  • Bed : [bi:] [i:] [di:]
  • Book : [bi:] [o] [o] [kei]

Memantapkan kemampuan kita dalam hal alphabet ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap proses belajar bahasa Inggris yang akan kita lakukan selanjutnya. Semakin bagus penguasaan kita maka kita akan semakin mudah untuk mengucapkan kalimat-kalimat bahasa Inggris di kemudian hari.

Saya kira itu saja pengantar kami mengenai ilmu dasar belajar bahasa inggris yaitu Mengenal dan Memahami English Alphabet. Semoga dengan sedikit informasi di atas sobat semua yang baru mulai belajar bahasa Inggris dapat lebih semangat dan terbantu. Silahkan lihat materi-materi lain untuk belajar bahasa Inggris melalui kotak pencarian yang ada. Terima kasih, sampai bertemu pada episode selanjutnya.