Percakapan dengan Orang Asing

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Cara Memulai Percakapan dengan Orang Asing - Bagi kita yang baru belajar bahasa Inggris tentunya akan sedikit bingung mengenai bagaimana kita memulai percakapan dengan orang asing dalam bahasa Inggris.

Sebenarnya sama saja dengan bahasa Indonesia, beberapa hal sederhana dapat digunakan untuk memulai sebuah percakapan dengan orang yang belum kita kenal.

Berkaitan dengan memulai percakapan (speaking) dengan orang asing ini kita akan membahas hal penting yang berhubungan yaitu mengenai kalimat sapaan yang biasa digunakan.

Dan juga contoh percakapan dengan orang yang tidak dikenal. Untuk itu, mari langsung kita dalami saja kedua hal tadi melalui uraian singkatnya berikut.

A. Salam Pembuka Percakapan dengan Orang yang Tidak Dikenal

Untuk memulai bercakap-cakap dengan orang yang tidak kita kenali tentunya kita harus sopan. Pertama, kita harus menyapanya terlebih dahulu dengan sapaan yang sopan dan dengan cara yang sopan pula tentunya.

Untuk menyapa, biasanya kita menggunakan kata "Hello" untuk berbagai kesempatan yang tidak formal sedangkan untuk sapaan yang formal kita dapat menggunakan berbagai sapaan lain yaitu "Good morning/afternoon/evening" dan seterusnya.

Biasanya lawan bicara kita akan menjawab dengan salam yang sama, lalu membuat percakapan yang sopan seperti "How was your trip?" atau "Did you find our office easily?"

Selain menyapa, saat kita memulai sebuah percakapan kita juga hendaknya tak lupa untuk memperkenalkan diri kita dengan menyebutkan nama kita. Hal ini tentunya akan memberikan kesan lebih akrab selain itu juga dapat menghindari seseorang berprasangka buruk.

Kebanyakan orang tidak akan merasa nyaman jika berbicara dengan orang lain yang tidak dikenal, dengan memperkenalkan diri inilah kita akan membuka sebuah komunikasi yang lebih hangat dan lebih nyaman dengan orang lain.

Selain dua hal tersebut, saat pertama kali kita berbicara dengan orang lain hendaknya kita juga menghindari pertanyaan-pertanyaan yang bersifat pribadi yang tidak terlalu layak untuk ditanyakan khususnya kepada orang yang baru saja dikenal.

Sebagai contoh, pada beberapa daerah di luar negeri menanyakan umur dan berat badan dipandang sebagai sesuatu yang kurang sopan untuk dilakukan.

Mengenai hal ini tentunya pada semua tempat tidak akan sama jadi kita dapat menyesuaikannya dan lebih baik jika berhati-hati dan tetap menjaga kesopanan.

B. Contoh Percakapan Bahasa Inggris Dengan Orang Asing

Sebagai perbandingan dan gambaran bagaimana kita memulai percakapan dengan orang asing, berikut disertakan juga beberapa contoh yang dapat dipelajari. Contoh tersebut terdiri dari contoh dialog singkat saat memulai dan mengakhiri percakapan dan juga contoh percakapan yang lebih panjang.

Contoh percakapan formal (pertemuan pertama)
A: How do you do? My name is Asina.
B: Asina, may I introduce my boss, Mr. Christensen.
C: Pleased to meet you, Asina.
... dst
A: Goodbye. It's pleasure to have met you

---------------------------

A: Hello, Asina. I'm the owner of this website. Asina, I'd like you to meet Mark Smith, our salesman. Mark, this is Asina Siagian.

B: Pleased to meet you Asina.
... dst
C: Goodbye. Nice to have met you.

Ingat!!
Pada pertemuan pertama, jangan lupa katakan: 'It's nice to meet you.' Untuk pertemuan kedua katakan: 'It's nice to see you again.'

Contoh lain percakapan sederhana (perkenalan pertama)
A: Hi, my name is Steve. It's nice to meet you.
B: It's pleasure to meet you. I'm Asina.
A: What do you do for a living?
B: I work at a restaurant/I work at a bank/I work in a software company/I'm a dentist.
(Jika sebelumnya belum sebutkan nama, tanyakan nama)
A: What is your name?
(Kadang-kadang pendengaran kita kurang jelas. Kita bisa saja minta diucapkan kembali)
A: What was that again?
A: Excuse me?
A: Pardon me?


Dalam percakapan formal, pertimbangkan kebiasaan setempat. Untuk sopan santun sebaiknya mengucapkan Mr./Ms./Mrs. sampai situasinya mencair menjadi tidak formal.

Jika seseorang berkata "Please call me (Asina)", maka artinya anda dapat menggunakan nama pertama. Atau jika seseorang menggunakan nama pertamamu, maka kamu dapat menggunakan nama pertamanya juga.

Memulai Percakapan dengan Orang Asing

Sedikit uraian mengenai Cara Memulai Percakapan dengan Orang Asing tersebut di atas semoga saja dapat menambah pengetahuan kita semua, lain waktu akan kita bahas lagi hal-hal yang kita perlu pelajari hanya di English for Beginner.