Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris (Acquintance)

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Sudah tahu bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris? Kalau belum tahu bagaimana membuat perkenalan sekarang kita akan belajar sedikit mengenai cara-cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.

Dalam perkenalan ini kita juga akan mengetahui bagaimana memulai percakapan dengan orang asing sebelum kita berkenalan.

Dalam berkenalan dengan seseorang kita harus menggunakan kata-kata yang sopan. Pertama-tama kita harus menyapanya terlebih dahulu sebelum kita mengajaknya berkenalan.

Kesopanan adalah hal mutlak yang harus diperhatikan jika kita berurusan dengan orang yang belum kita kenal, jangan sampai orang menjadi tidak simpati karena gaya bicara atau sikap kita yang tidak berkenan.

A. List of Expressions Seputar Perkenalan

Tidak ada bedanya dengan bahasa Indonesia, kata-kata dan kalimat perkenalan dalam bahasa Inggris juga memiliki unsur yang sama yaitu kesopanan. Agar dapat melakukan perkenalan dalam bahasa Inggris dengan baik maka berikut beberapa contoh expressions yang digunakan dalam perkenalan.

How do you do : Salam kenal
* How do you do too : Salam kenal juga

What is your name? : Siapa namamu
* My name is … : Nama saya adalah …

Who are you? : Siapa kamu?
* I am … : Saya …

How are you? : Apa kabar?
* I am fine, thank you/I am okay, thanks : Aku baik-baik saja, terima kasih.

Where do you live? : Dimana kamu tinggal?
* I live on Beverly hills street, block B, number 9.: Saya tinggal di jl. Beverly hills, Blok B, nomor 9.

Where do you come from? : Kamu berasal darimana?
* I come from California : Aku berasal ari California

How old are you?/What is your age? : Berapakah umurmu?
* I am 17 years old. : Aku berumur 17 tahun

When and where were you born? : Kapan dan dimanakah engkau lahir?
* I was born in California, 7 July 1997 : Aku lahir di California, pada tanggal 7 July 1997

What is your occupation? : Apakah pekerjaanmu?
* I am a student : Aku seorang pelajar.

What is your religion? : Apa agamamu?
* My religion is Moslem/I am a Moslem : Agama saya Islam.

What is your tribe? : Apakah sukumu?
* I am a Java ethnic : Aku orang Jawa

What is your nationality? : Kamu warga Negara apa?
* I am an American : Saya orang Amerika

What is your hobby? : Apakah hobimu
* My hobby is playing play station : Hobi saya adalah bermain Play Station

Who is your father? : Siapakah ayahmu?
* My father is Mr. Rudolph : Ayah saya adalah Bapak Rudolph

Who is your mother? : Sipakah Ibumu?
* My mother is Mrs. Joanna : Ibu saya adalah ibu Joanna

How many brothers and sisters do you have? : Berapa banyak saudaramu?
* I have one brother and one sister : Aku punya satu orang saudara laki-laki dan satu orang saudara perempuan

What is your brother’s name? : Siapakah nama saudara laki-lakimu?
* His name is Andy : Namanya Andy.

What is your sister name? : Siapakah nama saudara perempuanmu?
* Her name is Susan : Namanya Susan

What is your father occupation? : Apakah pekerjaan Ayahmu?
* He is a farmer : Ia aalah seorang petani

What is your favorite color? : Apakah warna faforitmu?
* My favorite color is Green. : Warna kesukaan saya adalah hijau

What is your favorite food? : Apakah makanan kesukaanmu?
* My favorite food is fried noodle : Makanan kesukaan saya adalah mie goreng.

What is your favorite drink? : Apakah minuman kesukaanmu?
* My favorite drink is Coca Cola : Minuman kesukaan saya adalah Coca Cola.

What is your favorite music : Apakah musik kesukaanmu?
* My favorite music is Rock : Musik kesukaan saya adalah musik rock.

Who is your favorite singer? : Siapakah penyanyi faforitmu?
* My favorite singer is Robbie William : Penyanyi faforitku adalah Robbie William.

What is your favorite band? : Apakah band kesukaanmu?
* My favorite band is Linkin Park : Band faforitku adalah Linkin Park

What is your favorite sport? : Apakah olah raga kesukaanmu?
* My favorite sport is football : Olahraga kesukaan saya adalah sepak bola

Who is your favorite football player? : Sipakah pemain bola kesukaanmu?
* My favorite football player is Kaka : Pemain bola faforit saya adalah Kaka

B. Contoh Percakapan Perkenalan dalam Bahasa Inggris

Gambaran bagaimana memperkenalkan diri kepada orang lain dan beberapa topik pembicaraan yang ada saat berkenalan ada dalam contoh percakapan berikut. Silahkan dipahami dan dipelajari dengan baik agar dapat melakukannya dengan baik.

Kevin : “Hi, How do you do?”
Hai, salam kenal?

Caroline : “How do you do.”
Salam kenal.

Kevin : “My name Kevin O’Brian, may I know your name?”
Namaku Kevin O’Brian, beleh aku tahu namamu?

Caroline : “My name is Caroline Smith. But you can call me Carol.”
Namaku Caroline Smith. Tapi panggil saja Carol.

Kevin : “Nice to meet you Carol.”
Senang bertemu denganmu Carol.

Caroline : “Nice to meet you too, Kevin.”
Senang berkenalan denganmu juga Kevin.

Percakapan saat kita berkenalan dengan orang lain dapat bervariasi dan berbeda-beda satu sama lain sesuai dengan situasi dan keadaan yang ada. Untuk itulah kita harus menggunakan tata bahasa yang sopan. Selain itu ada beberapa hal yang tentunya dianggap tidak sopan jika kita tanyakan saat berkenalan dengan orang lain.

Dalam hal ini kita harus menjaga agar orang yang kita ajak berbicara tidak tersinggung ataupun malu dan lain sebagainya. Sebagai contoh, jika kita sedang berkenalan dengan orang yang gemuk tentunya akan kurang sopan jika sampai kita menanyakan berapa berat badannya.

Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris (Acquintance)

Selain hal itu kita juga harus mengetahui kebiasaan lawan bicara kita seperti kebiasaan penyebutan nama depan atau nama belakang sebagai panggilan dan lain sebagainya. Lain waktu akan dibahas lagi lebih detail mengenai tata cara berkenalan formal dan non formal dalam bahasa Inggris. Sementara ini itu saja pembahasan kali ini semoga dapat bermanfaat.