Indefinite Pronoun, Pengertian dan Contoh

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Berbicara mengenai Indefinite Pronoun berarti berbicara mengenai kata ganti tak tentu karena arti dari kata tersebut memang seperti itu. Disini akan dipelajari lebih jauh mengenai Indefinite Pronoun, Pengertian dan Contoh sekaligus. Anda akan dapat membedakan mana saja yang termasuk kata ganti jenis ini dan dapat mengetahui contohnya.

Seperti telah disinggung di atas, Indefinite Pronoun adalah sebuah kata ganti tepatnya ialah kata ganti yang tidak tentu. Kata ganti jenis ini tidak mempunyai "antecedent" atau kata yang mendahului/kata yang di acu dan kata ganti ini diperlakukan sebagai kata tunggal (singular word).

Tentunya dari definisi atau Pengertian Indefinite Pronoun di atas anda bisa mengerti dan tahu apa saja yang termasuk jenis kata ganti tersebut. Supaya anda lebih jelas mari kita lihat berbagai kata-kata Indefinite Pronoun di bawah ini.
  1. Another = yang lain 
  2. Anybody = siapa saja 
  3. Anyone = siapa saja 
  4. Anything = apa saja 
  5. Each = masing-masing 
  6. Either = salah satu diantara dua 
  7. Each one = satu persatu 
  8. Everybody = setiap orang 
  9. Everyone = setiap orang 
  10. Everything = segala-galanya 
  11. Much = banyak 
  12. Neither = tak satu pun diantara dua 
  13. No one = tak satu pun 
  14. Nobody = tak seorang pun 
  15. Nothing = tak satu pun 
  16. One = seseorang, satu 
  17. Somebody = seseorang 
  18. Someone = seseorang 
  19. Something =sesuatu
Kurang apa, anda bisa mempelajari berbagai Indefinite Pronoun (Kata Ganti Tak Tentu) di atas atau mungkin anda bisa menghafalkan kata-kata tersebut. Masing-masing kata sudah disediakan terjemahannya jadi tentunya anda tidak akan kesulitan untuk memahaminya. Melanjutkan pembahasan mengenai hal ini mari kita dalami beberapa Contoh Indefinite Pronoun berikut.

1.  Someone is waiting for you (seseorang sedang menunggu anda) 
2. Something is better then nothing (sesuatu itu lebih baik dari pada tak satu pun) 
3. Everything is running well (segala sesuatu berjalan lancar) 
4. Nothing is lost and no one has gained

Dari contoh di atas tentu bisa dilihat bahwa Indefinite Pronoun ini digunakan untuk menggantikan sesuatu yang tak tentu. Pada contoh 1 (someone) bisa siapa saja dan pada contoh 2 "something" bisa berupa apa saja.

Dari berbagai jenis Indefinite pronoun beberapa kata ada yang diperlakukan sebagai kata tunggal dan bisa pula sebagai kata jamak tergantung pada makna kalimat yang ada. Kata-kata tersebut yaitu seperti berikut ini.
1)  All         = semua 
2) Any       = yang mana saja 
3) Most     = kebanyakan 
4) None     = tak satu pun 
5) Some     = sebagian, beberapa

Sekarang coba anda perhatikan penerapan kata-kata tersebut di beberapa contoh kalimat yang ada di bagian bawah ini. Perhatikan kalimatnya dan coba pahami artinya.

Indefinite Pronoun, Pengertian dan Contoh
  • All work is not dull, some is pleasent (tak semua pekerjaan menjemukan, sebagian ada yang menyenangkan ) 
  • Most of the gasoline is finished (sebagian besar bensin sudah habis) 
  • Most of the cars are new (kebanyakan mobil itu baru)
Dengan beberapa penjelasan di atas tentu sekarang anda bisa mendalami tentang Indefinite Pronoun, Pengertian dan Contoh seperti yang dijelaskan di atas. Sedikit saja penjelasan materi kita haru ini mudah-mudahan dengan ini anda bisa lebih lancar lagi dalam belajar bahasa Inggris.