Demonstrative Pronoun, Pengertian, Contoh, dan Fungsi

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Demonstrative Pronoun, Pengertian, Contoh, dan Fungsi - Hari ini kita akan belajar kembali dengan materi yang berbeda yaitu mengenai demonstrative pronoun. Ingat kan? Yang sering dikenal dengan "kata tunjuk" loh. Sudah dipelajari bukan?

Dengan mempelajari materi demonstrative pronoun ini anda akan belajar bagaimana menunjuk sesuatu menggunakan kata yang tepat. Ingin tahu lebih jauh, mari ikuti penjelasan berikut!

Sebelum membahas lebih jauh mari kita lihat definisi atau pengertian-nya terlebih dahulu. Mungkin anda telah tahu bahwa pengertian demonstrative pronoun ialah kata ganti petunjuk yang digunakan untuk menunjuk sesuatu. Kata ganti ini terdiri dari dua yaitu:

1. Tunggal This (ini) That (itu)
2. Jamak These Those

"Ini" dan "itu", untuk menunjukkan yang dekat dan yang jauh memiliki dua bentuk yaitu bentuk jamak dan juga bentuk tunggal.

Dalam bentuk tunggal kita menggunakan yang nomor satu yaitu "this" dan "that" sedangkan untuk jamak menggunakan bentuk kedua. Untuk lebih jelas silahkan lihat contoh, arti dan penjelasannya berikut!

The former Yang pertama dari dua pokok (yang tersebut dahulu)
The latter Yang kedua dari dua pokok (yang tersebut kemudian atau akhir)

Contoh:
1. This is a book, that is your shoe
2. These are books, those are your shoes
3. The price of gold is cheaper then that of silver. That disini berarti price
4. Karim and Nurdin will go to japan.

The former is my friend, and the latter is my cousin.
Jadi, The former = Karim
The latter = Nurdin

Demikian tadi sedikit rangkuman mengenai materi tentang demonstrative pronoun. Dengan penjelasan tentang pengertian, contoh, dan fungsi di atas mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita semua.

Agar anda lebih paham silahkan baca juga beberapa penjelasan lain di bagian bawah. Setelah mengingat kembali mengenai inti materi ini akan lebih baik jika teman-teman pelajar juga bisa berlatih dengan soal dan jawaban.

Demonstrative Pronoun, Pengertian, Contoh, dan Fungsi

Sudah disiapkan beberapa bahan latihan untuk anda semua. Silahkan dipelajari. Materi lain juga tetap harus ulang lagi ya. Supaya tambah paham. Ingat, tetap semangat agar mendapatkan hasil belajar yang maksimal!