Contoh Penggunaan Can, Could dan Could Have

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Contoh Penggunaan Can, Could dan Could Have - masih dengan penggunaan dan perbedaan kata dalam bahasa Inggris kali ini sedikit pembahasan mengenai “Perbedaan Penggunaan Can, Could dan Could Have” akan disampaikan untuk sobat pemula.

Kadang kita bingung dengan kata - kata yang jika dilihat di kamus memiliki arti yang sama padahal jika dalam kalimat atau percakapan artinya berbeda jauh. Pernah kejadian seperti itu bukan? Bahkan dengan tiga kata tersebut?

Ada juga sebenarnya yang mirip dan ada juga yang jauh. Untuk itulah kali ini kita akan membahas mengenai tiga kata tersebut. Apa bedanya dan bagaimana penggunaannya.

Mungkin ada yang pernah bingung dan kurang begitu memahami bagaimana perbedaan penggunaan dari ketiga kalimat di atas? Dari pada bingung lebih baik kita ikuti penjelasan lengkapnya di bawah ini.

A. Penggunaan Can, Could dan Could Have

Umum diketahui oleh sobat yang baru belajar bahasa Inggris adalah bahwa can digunakan untuk masa sekarang dan could digunakan untuk masa lampau.

Lebih dari itu, masih ada penggunaan lain yang belum banyak diketahui oleh sobat pemula dalam hal ini penggunaan kata could.

Sebenarnya kata “could” dapat digunakan untuk masa sekarang dengan tujuan kegunaan sebagai berikut:
  1. Untuk memperhalus permintaan
  2. Untuk mengajukan usulan tanpa kepastian
  3. Untuk menunjukkan kemungkinan yang besarnya tidak diketahui
Jika kita ingin merukuk kepada kemungkinan dimasa lampau maka kita akan menggunakan bentuk could have + verb past participle. Verb past participle ini lebih dikenal dengan kata kerja bentuk ketiga.

B. Contoh Penggunaan Dalam Bahasa Inggris

Keterangan di atas akan lebih jelas jika diikuti dengan contohnya langsung dalam bahasa Inggris. Untuk itu perhatikan beberapa contoh berikut:

Andi, could you please open the windows? It is very hot in this room. (Andi, bisakah tolong buka jendela-jendela itu? Rasanya sangat panas di ruangan ini.

Hey, we have run out of money. What do we do now?
Hai, kita kehabisan uang. Sekarang bagaimana?

I do not know. May be we could borrow some from your dad?
Saya tidak tahu. Apakah mungkin kita bisa pinjam uang ke ayahmu?

Cindy, I borrowed this book from the library. Do you think it can help me with my final project?
Cindy, saya meminjam buku ini dari perpustakaan. Menurutmu apakah ini dapat menolong saya mengerjakan tugas akhir saya?

It is possibly could I am not sure, I have not read that book.
Mungkin saja bisa saya tidak yakin, saya belum pernah membaca buku itu.

Contoh lain
Mark, I can not find my car key.
What, do not kid me, OK?
No, I am serious. I can not find my car key.
Oops, you could have dropped it at the cinema.
Yeah, right or I could have left in the car.

Arti
Mark, saya tidak dapat menemukan kunci mobil saya.
Apa, jangan bercanda oke?
Saya tidak bercanda, saya serius. Saya tidak dapat menemukan kunci saya.
Ups, mungkin terjatuh di gedung bioskop
Ya benar, atau mungkin ketinggalan di di dalam mobil.

Sekarang kita tahu bahwa kata could selain untuk masa lampau juga dapat digunakan untuk memperhalus, mengajukan usulan tak pasti dan menunjukkan kemungkinan yang besarnya tidak pasti.

Sampai disini saya materi English for beginner kali ini, pastikan sobat pemula mengikuti materi lain untuk belajar bahasa Inggris khusus pemula. Sudah tidak bingung lagi kan menggunakan kata cancould dan could have?

Contoh Penggunaan Can, Could dan Could Have

Pasti tidak dong ya. Nah, jangan lupa, setelah tahu materi ini silahkan gunakan dalam kehidupan sehari-hari ya. Jangan sampai lupa lagi. Terus, lanjut ke materi berikutnya ya. Tetap semangat. Salam hangat dan selalu semangat belajar ya!