Penggunaan But dan Except dalam Bahasa Inggris

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Belajar mengenai penggunaan "But" dan "Except" ya. Ilmu kali ini kita akan mengulas penggunaan kata ”But" dan juga "except” karena terkadang seorang bingung kata but atau except yang harus digunakan untuk mengatakan “tetapi”.

Penggunaan But dan Except

Pernah mengalami hal demikian? Kenapa ya, ada dua kata yang memiliki arti yang sama atau mirip. Ya kalau secara logika tentu saja pasti ada perbedaan antara kedua kata tersebut. Kalau sama kenapa tidak dibuang saja yang satu.

Entah itu bentuknya maupun makna yang lebih dalam atau mungkin penggunaannya tentu ada yang beda. Maka dari itu kita akan membahas lebih rinci mengenai hal tersebut.

Supaya tidak salah tafsir dan bisa menggunakannya dengan baik, benar dan tepat. Agar tidak bingung lagi silahkan ikuti penjelasan mengenai perbedaan penggunaan but and except berikut ini.

A. Kata But dan Except dalam Bahasa Inggris

Dari beberapa literature yang pernah saya baca dan beberapa gambaran dialog dari native speaker (Native speakers of English are people whose first language is English) dapat diketahui bahwa pada dasarnya kata except dan but adalah sama.

Except and but are similar:
a) except--similar to but
b) but--similar to except
The only difference is that "but" emphasizes words such as "everyone," "anyone," "no one," etc.
Excluding and barring are rarely used. Excepting is perhaps a better alternative.

Nah, yang perlu dipahami terlebih dahulu, pada dasarnya dua kata ini serupa atau sama saja ya. Dikatakan dalam kalimat di atas adalah bahwa satu-satunya perbedaan antara kedua kata tersebut adalah bahwa kata "but" menekankan kata-kata, seperti "everyone".

c) excluding (this is an action see sample below)
d) barring (this is more of a physical action--it sounds as if the party had bars or some other contraption around it)

There was everybody excluding me at the party. It sounds like you are AT the party, but they are ostracizing you.

There was everybody barring me at the party. This sounds like everyone is locking you up inside the party (literal definition of bar as a verb).

Thus, barring and excluding are not synonymous with except, excepting, and but.
So... as for your examples, I will rephrase them to a subject-verb order (preferred in writing essays).

B. Perbedaan penggunaan But dan Except 

Agar sedikit memiliki gambaran tentang bagaima biasanya kedua kata but dan except ini umum digunakan berikut contoh penggunaan dan penjelasan yang dapat dipelajari.

Everyone is at the party but me. (In this case, but emphasizes that "everyone was here")
Everybody was at the party except me. (In this case, except emphasizes that the speaker, "me," wasn't there)
As for when to use "except for" and "except"...

The essay was well written except for a few grammar mistakes. (use for because "grammar mistakes" is not a type of "essay")
The essays were well written except for mine. (do not use for because "mine" or "my essay" is part of the collection of essays)

but me --> This sounds more archaic and generally would not carry the same meaning as except me. Here, «but me» can be equivalent to «but I» and is equivacal to «However». You could say:
They all went to X except me.
OR
They all went to X but I, (however), did X.

Pada bagian akhir ini saya menekankan bahwa untuk menutupi kebingungan akan penggunaan-penggunaan seperti ini tips yang dapat digunakan adalah dengan memperbanyak membaca literature bahasa Inggris dan atau.

Dengan demikian kita akan lebih paham dan mengetahui kata “X” paling umum digunakan dalam bentuk yang seperti ini dan kata “Y” paling sering digunakan dalam bentuk yang itu.

Terlepas dari semua itu, mengetahui perbedaan penggunaan dua kata yang diterjemahkan sama memang sangat penting tetapi tidaklah bijak jika proses belajar bahasa Inggris yang sedang dilakukan terhenti hanya karena kesulitan seperti ini.

Sampai disini saja penjelasan singkat saya mengenai “Penggunaan But Dan Except Dalam Bahasa Inggris”, semoga dapat memberikan sedikit pencerahan bagi pengunjung semua.