Belajar Greeting dan Introducing Oneself

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Masih dengan englsih for beginner kali ini kita akan belajar Greeting dan Introducing Oneself. Mau tahu lebih dalam mengenai Greeting dan Introducing Oneself? Sapaan atau salam dan juga memperkenalkan diri. Itu yang akan kita pelajari dalam materi bahasa Inggris kali ini.

Masalah menyapa dan memperkenalkan diri ini sangat penting karena banyak digunakan sebagai pembuka dalam sebuah percakapan. Misalnya, ketika bertemu dengan teman lalu kita menyapa dengan mengucapkan selamat pagi.

Atau, kita bertemu dengan orang baru dan perlu mengenalkan diri kita. Itulah sebabnya dalam pelajaran kali ini kita belajar mengenai language function materi introduction ini. Mungkin materi ini sudah dipelajari di kelas tapi kita tetap harus mengulangnya di rumah.

Belajar dengan mengulang pokok materi yang sudah diajarkan di kelas akan memudahkan kita mengingat materi tersebut. Makanya, jangan sampai malas ya. Supaya cepat paham dengan materi ini mari simak penjelasan berikut ini sekarang juga.

A. Speech Act for Greetings

Yang pertama akan kita bahas adalah speech act dari greetings dalam bahasa inggris. Untuk greetings ini kita akan menggunakan beberapa ekspresi seperti berikut ini.

Formal
Good morning,
Good afternoon,
Good evening,

Informal
Hi,
Hello,
Nice to meet you. Goodbye.
Good to meet you. Good night.
Pleased to meet you. Bye!
See you!

Responses
Good morning,
Good afternoon,
Good evening,
Hi,
Hello,
Nice to meet you. Goodbye.
Good to meet you. Good night.
Pleased to meet you. Bye!
See you!

Greeting and leave taking Responses
Hello/Hi.
Good morning.
Good afternoon.
Good evening.
How are you?
Good night, Mum.
Goodbye/Bye.
See you tomorrow/later/Monday.

Responses
Hello/Hi.
Good morning.
Good afternoon.
Good evening.
Fine, thanks.
I’m fine. Thank you.
Good night, honey.
Sweet dream.
Bye/Bye bye.
See you

Nah, sekarang kita sudah ingat lagi bagaimana cara memberikan sapaan baik dalam bentuk formal maupun non formal. Sekarang tidak ada alasan kita lupa atau bahkan tidak tahu bagaimana cara menyapa. Yuk sekarang kita lanjut ke point berikutnya.

B. Language Function for Introduction

Yang berikut ini adalah untuk introduction, silahkan lihat beberapa ekspresi yang dapat digunakan dalam memperkenalkan diri (introduction) maupun orang lain berikut.

Introducing
  • My name is Sinta.
  • I am Monty.
  • This is my friend, Jojo.
Example:
  • I am a student.
  • You are a teacher.
  • He is a principal.
  • They are students.

Demikian pembahasan English for beginner kali ini tentang “Belajar Greeting dan Introducing Oneself”. Semoga dapat menambah wawasan pengunjung semua yang baru memulai belajar bahasa Inggris.


Jangan lupa untuk mempelajari kembali berbagai materi pelajaran bahasa Inggris yang sudah dipelajari di sekolah. Silahkan pilih beberapa materi yang sudah disiapkan dibagian akhir pembahasan. Sampai disini. Thanks for reading!