Contoh Dialog Bahasa Inggris Expressing Sympathy

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Bahasa Inggris itu semakin banyak berlatih akan semakin mudah dan semakin lancar, makanya kita akan belajar contoh dialog bahasa Inggris. Sekarang kita akan belajar tentang "Expressing Sympathy" yaitu belajar mengungkapkan rasa simpati kita kepada orang lain.

Pasti tahulah bagaimana pentingnya hal ini, di kehidupan sehari-hari kita kan sering menghadapi situasi dimana kita harus mengungkapkan simpati kepada orang lain, benar bukan?

Berkaitan dengan hal ini kita nanti akan mempelajari dan mencoba memahami beberapa contoh percakapan expressing sympathy. Dengan begitu nantinya kita bisa paham bagaimana cara kita untuk menunjukkan perhatian atau menunjukkan rasa simpati kita kepada orang lain. 

Contoh berikut akan terdiri dari 2 percakapan singkat. Percakapan tersebut bisa kita pelajari arti atau terjemahannya. Selain itu juga bisa kita pelajari ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam dialog tersebut. Jika mendapatkan kata-kata baru maka kita bisa menghafalkannya dan menambah perbendaharaan kata yang kita miliki.

English Dialog - Expressing Sympathy. In your daily life you often want to show your attention or possibly sympathy to others. Do you know how to do them very well? To give more exercises here are some examples of English dialog (Dialog Bahasa Inggris) to express sorry or Sympathy “I’m Sorry to Hear That”.

Dialog expressing sympathy 1
Denias :
Hi, Retno.

Retno :
Hi, Denias.

Denias :
You were absent for two days. Where were you?

Retno :
My family and I went to my cousin’s wedding party.

Denias :
I see. Where was it?

Retno :
It was in Surabaya. It took five hours to get there.

Denias :
How was the party?

Retno :
It was great, but there was something bad that happened.

Denias :
Really? What was that?

Retno :
The bride fainted after the party was over.

Denias :
Oh, I’m sorry to hear that. Was she sick?

Retno :
Actually, she was not. She was just too tired. Fortunately, she soon recovered.

Denias :
That’s good. Anyway, the bell is ringing. Let’s go back to the class.

Retno :
Okay.

Percakapan atau contoh dialog di atas menggambarkan pengalaman liburan yang dilakukan Retno. Dari percakapan dapat diketahui bahwa Retno absen selama dua hari untuk mengikuti perayaan pernikahan sepupunya. Retno menceritakan sebuah kejadian yang kurang berkenan yaitu keponakannya pingsan diakhir acara. 

Denias lantas menanyakan penyebab kejadian tersebut dan juga mengungkapkan perhatian dan rasa simpatinya kepada Retno. Ungkapan yang digunakan Denia untuk mengungkapkan rasa simpati tersebut yaitu terlihat pada kalimat "oh, I'm sorry to hear that...."

Itulah sedikit penjelasan mengenai contoh dialog bahasa Inggris singkat di atas. Sekarang mari kita lanjutkan ke contoh berikutnya.

Contoh dialog expressing sympathy 2 
Adib :
Hi, Ruben. What a nice hat!

Ruben :
Oh, hi Adib. Thank you for saying so.

Adib :
Is that new?

Ruben :
No, actually. My grandfather gave me this hat last Christmas.

Adib :
I see. Well, I heard you went to Medan last Christmas.

Ruben :
You’re right. My family and I spent the holiday with our relatives there.

Adib :
How was it?

Ruben :
It was a nice gathering. We spent three days there. However, there was something annoying in our way home from Medan.

Adib :
What was it?

Ruben :
I lost my wallet.

Adib :
I’m sorry to hear that. How did it happen?

Ruben :
I thought I dropped it in the taxi. However, when I called the taxi company, they said they found nothing in the taxi.

Adib :
How upsetting.

Ruben :
Moreover, I lost all my identity cards.

Adib :
That’s a pity.

Percakapan di atas berisi seputar kejadian yang kurang berkenan. Bisa diketahui dalam dialog tersebut bahwa Ruben telah kehilangan dompet.

Untuk mengungkapkan rasa simpatinya kepada Ruben, Adib kemudian mengucapkan "I’m sorry to hear that" untuk menunjukkan rasa pedulinya kepada temannya tersebut.

Percakapan Bahasa Inggris Expressing Sympathy

Dari kedua contoh dialog singkat di atas mudah-mudahan kita bisa lebih paham tentang bagaimana cara mengungkapkan kepedulian dan simpati kita kepada orang lain. Jangan lupa, untuk melengkapi contoh expressing sympathy di atas mari kita pelajari juga materi lengkapnya. Sampai disini saja, salam hangat dan selamat berlatih.