Responding Invitations, Percakapan dan Soal

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Berikut ini kita akan belajar bahasa Inggris tentang bagaimana merespon atau menanggapi undangan (invitations) yang diberikan kepada kita. Dalam kehidupan kita sehari-hari tentunya kita seringkali mendapatkan undangan baik untuk acara resmi formal maupun acara pribadi tak resmi yang non formal.

Ketika mendapatkan undangan lisan tersebut tentu saja kita harus bisa menanggapi atau merespon undangan tersebut. Maka dari itu kita akan belajar percakapan responding invitation serta beberapa soal yang berkaitan. 

Dalam materi kita kali ini tentu kita akan tahu bagaimana bentuk-bentuk tanggapan (respond) yang bisa kita berikan ketika mendapatkan undangan secara lisan. Kita juga dapat mempelajari berbagai ekspresi kalimat atau kata untuk menanggapi undangan tersebut.

Di akhir pembahasan kita juga akan menguji kemampuan pemahaman kita dengan menjawab beberapa latihan soal bahasa Inggris yang sudah disediakan. 

Pada bagian pertama kita akan langsung mempelajari percakapan tentang responding invitation. Percakapan tersebut bisa kita hafalkan lalu kita cari tahu arti atau terjemahannya dan menghafalkan makna kata dan kalimat dalam percakapan tersebut. Baiklah, langsung saja kita pelajari percakapan tersebut di bawah ini. 

English Conversations - Responding invitations. In your daily life you often have to respond to many kinds of invitations. You may need to accept or decline them. Do you know how to do them very well?

Study and practice the following conversation. Then, underline the expressions of accepting/ declining an offer/invitation. 
Anita :
You look so happy today, Adib.

Ruben :
Is there something we don’t know?

Adib :
Yes, my brother has finished his study in Australia and he’ll be home tonight.

Anita :
Really?

Adib :
Yeah, tonight we’re going to have a small welcome party. Would you like to come?

Ruben :
I would.

Adib :
What about you, Anita?

Anita :
I’d like to, but tonight I will have to take care of my little brother and my little sister. My parents will attend their friend’s wedding party.

Adib :
I see. It’s okay. Well, I think I have to go now. See you.

Ruben & Anita : 
See you

Apa yang bisa kita lakukan dengan percakapan di atas? Pertama kita bisa berlatih dengan percakapan tersebut dengan rekan kita. Selain itu kita bisa mengidentifikasi atau mencoba mengenali berbagai ekspresi dalam responding invitation yang ada dalam kalimat tersebut.

Setelah tahu berbagai kalimat atau kata-kata yang bisa digunakan untuk responding invitation ini maka kita akan dengan mudah merespon apabila ada undangan lisan dari orang lain. Sekarang kita lihat kemampuan kita mengenai materi ini dengan menjawab soal tentang invitation di bawah ini.

Complete the following dialogue with the expressions bellow. Then, act the dialogue out.

I’m not sure I can. 

Thank you. I’d like to. 

Would you come? 
Would you like to try it? 

Andi : 
Den, do you know klepon?
Denias : 
No, I don’t. What’s that?

Andi : 
It’s a kind of dessert made of ours with brown sugar inside. It is sprinkled with shred coconut. The shape of klepon is like a ball. 1) _______________ . My mother made klepon this afternoon.

Denias : 
2) ________________.

Andi : 
Well, I’ll get some for you.

Denias : 
Okay.

Andi : 
Here you are. Just try it.

Denias : 
Hmm …, it’s delicious. Your mum is a good cook.

Andi : 
Yes, she is. By the way, tomorrow we’re going to have a graduation party for my sister. 3) _________.

Denias : 
4) __________________. Tomorrow I’m going to join a karate competition. I don’t know what time it ends.

Responding Invitations, Percakapan dan Soal

Andi : 
That’s okay. Anyway, won’t you have more klepon?

Denias : 
Yes, thank you.

Referensi:
Percakapan dan Soal Responding Invitations. PRIYANA, Joko dkk. 2008 BSE. Interlanguage: English for Senior High School Students X: SMA/MA Kelas XI Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional